Mengungkap Cara Orang Tua Mendidik Anak Berdasar Zodiak
Orang tua terutama ibu mendidik anak di rumah (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-  Setiap orang tua, terutama ibu ingin memberikan perlakuan dan mendidik dengan baik anak-anak mereka. Namun, ada saat ibu harus tegas dan ada juga saat harus santai. Butuh berbagai macam cara untuk mengekspresikan kasih sayang kepada anak-anak. Anda bisa memilih, ingin menjadi tipe ibu seperti apa Anda.

Memang sulit memprediksikan perempuan, sebelum memasuki fase baru yakni menjadi ibu. Namun, astrologi dapat memprediksi sifat keibuan Anda. Dilansir Bisnis dari Pink Villa, intip sifat para ibu berdasarkan zodiaknya:

1. Pisces

Pisces akan menjadi ibu yang sensitif dan imajinatif. Mereka suka memotivasi anak-anak dalam seni untuk menjadi lebih kreatif. Mereka juga akan belajar bagaimana memperlakukan orang dengan kebaikan dan kasih sayang.

2. Aries

Ketika jadi ibu, zodiak ini akan selalu membuat anak-anaknya sibuk belajar, hobi, olahraga, kegiatan sosial, dll. Mereka akan selalu mendorong anak-anak mencoba hal-hal baru dan bertualang. Namun, mereka kadang-kadang memaksakan keinginan pada anak-anak.

3. Gemini

Gemini akan jadi ibu yang sangat terbuka pada anak-anak. Mereka bisa menceritakan apa saja, tanpa rahasia. Karenanya, anak-anak mereka juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Mereka juga memiliki kemampuan untuk memahami anak-anak.

4. Capricorn

Ibu Capricorn sangat serius dalam mengasuh anak. Mereka akan melindungi anak-anak dengan cara apa pun, juga sangat disiplin. Saking seriusnya, mereka sering lupa berfokus pada diri sendiri.

5. Taurus

Seorang Taurus akan jadi ibu yang sabar. Mereka hampir tak pernah membuat kesalahan dalam mengasuh anak. Tetapi mereka bisa sangat keras pada anak-anak sehingga membuat masa remaja anak-anak sedikit bermasalah. Para ibu Taurus harus memperhatikan pengeluaran yang berlebihan untuk anak-anak mereka.

Jangan Sering Melamun, Bisa Kena Gangguan Maladaptive Daydreaming

6. Libra

Libra adalah zodiak yang seimbang dan damai, begitu juga ketika jadi ibu. Mereka akan jadi teman anak-anak. Poin terpenting dari tanda zodiak ini adalah bahwa mereka selalu mengajar anak-anak untuk berbagi dengan orang lain.

7. Cancer

Seorang ibu Cancer selalu mendengarkan kebutuhan anaknya. Mereka akan selalu menjadi orang yang paling protektif dan melakukan apa saja untuk membuat anak-anak merasa dimanja dan dipuja. Mereka juga tidak ragu untuk berbagi apa pun dengan mereka.

8. Sagitarius

Ini adalah ibu yang menyenangkan sehingga anak-anak menikmati masa kecil mereka. Mereka ingin berbagi seluruh dunia dengan anak-anak, juga mulai bepergian dengan mereka lebih awal. Para ibu Sagitarius mengajarkan banyak pengetahuan dan kemandirian pada anak mereka.

9. Virgo

Virgo akan jadi ibu super dengan kemampuan multitasking. Mereka memiliki harapan tinggi, ingin anak-anak disiplin dan jadi pekerja keras. Tetapi karena zodiak ini perfeksionis, mereka selalu mengkritik anak-anak mereka jika ada yang dianggapnya tak baik.

10. Scorpio

Para ibu ini intuitif sehingga dapat menebak apa yang terjadi dengan anak-anak mereka. Mereka setia, jujur, dan melindungi anak-anak selama mereka mengatakan yang sebenarnya. Mereka juga rela pasang badan jika ada yang menyakiti anak-anak mereka.

11. Aquarius

Para ibu Aquarius ingin anak-anak menyadari masalah sosial dan lebih imajinatif. Tapi, mereka sering kali lupa menunjukkan cinta kepada anak-anak.

12. Leo

Seorang ibu berzodiak Leo seperti anak kecil. Mereka jadi teman anak-anak, juga rela membelikan mereka hadiah mahal. Mereka sangat narsis juga. Untuk jadi ibu yang baik, mereka harus sedikit lebih dewasa.

Batuk-Batuk Sepulang Umrah, 1 Warga Klaten Dalam Pengawasan Dinkes

Tak Perlu Memaksakan Diri Menjadi Guru

Kegiatan belajar mengajar dari rumah terkadang tak hanya membuat anak menjadi stres, orang tua pun ikut mengalaminya lantaran harus ikut memahami materi yang disampaikan.

Seperti kita tahu, sebagian besar sekolah masih menerapkan belajar daring atau belajar di rumah untuk murid-muridnya. Hal ini dilakukan untuk melindungi siswa-siswa dari persebaran Covid-19.

Psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. mengatakan orang tua tak perlu memaksakan diri untuk menguasai semua pelajaran anak. Yang harus dilakukan hanya menemani dan mengkomunikasi dengan pihak sekolah jika dirasa ada yang kurang maksimal.

"Kebanyakan orang tua merasa terbebani karena harus menjadi guru, tidak perlu memaksakan diri. Bekerja samalah dengan guru anak jika kesulitan. Komunikasikan pada sekolah jika ada tugas yang memberatkan," ujar Vera seperti dilansir Antara, Selasa (9/6/2020).

Dalam masa pandemi Covid-19, orang tua sebaiknya juga tidak memaksakan anak untuk mendapat nilai tinggi. Yang terpenting adalah anak tetap bisa menikmati proses belajar meski hanya di rumah.

"Saat ini pun masih ada sekolah yang mencari formulasi yang tepat untuk program online learning ini. Target pada anak saat ini bukan lagi nilai tapi buatlah suasana belajar yang tetap menyenangkan sehingga anak tidak ikut jadi stres yang akhirnya akan menurunkan daya tahan tubuh," jelas Vera.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho