SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji mendengarkan pesan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dalam acara pamitan di Pendapa Sumonegaran Rumdin Bupati Sragen, Selasa (6/6/2023). (Istimewa/Diskominfo Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sragen yang berjumlah 999 orang, termasuk delapan petugas haji daerah (PHD), akan berangkat mulai Sabtu (10/6/2023). Mereka akan terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter) yakni 60, 61, 62, 63, dan 95. Di sisi lain Sragen masih mendapat tambahan kuota calhaj sebanyak 45 orang.

Jelang keberangkatan tersebut, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen pada Selasa (6/6/2023) menggelar acara pamitan calhaj di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati (Rumdin) Bupati Sragen. Acara ini dihadiri 1.173 orang dari unsur pimpinan daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), ulama, calhaj dan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jemaah calhaj Sragen ada 991 yang terbagi dalam lima kloter. Mereka akan berangkat mulai Sabtu, Minggu [11/6/2023], dan Rabu [21/6/2023]. Mereka akan didamping delapan PHD, 25 petugas haji Indonesia yang terdiri atas ketua kloter, pembimbing ibadah, dan petugas kesehatan yang tersebar di lima kloter tersebut,” ujar Kepala Kantor Kemenag Sragen, Ihsan Muhadi.

Calhaj termuda asal Sragen atas nama Rossi Litvia Anggraini, 20, dari Kecamatan Kedawung. Sementara calhaj tertua atas nama Sunyoto, 95, dari Kecamatan Gesi.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan daftar nama untuk mengisi 45 kursi tambahan. Meski begitu, Kemenag Sragen menunggu petunjuk dari pusat soal pelunasan biaya perjalanan ibadah haji mereka.

“Mereka harus mempersiapkan dokumennya dulu, seperti paspor, vaksin meningitis, dan lainnya. Kuota tambahan ini belum dapat kloter. Mereka terdiri atas 14 orang kategori nomor porsi berikutnya dan 31 orang kategori cadangan,” ujar Ulin.

Sementara Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, berpesan supaya jemaah calhaj menjaga kesehatan, jangan memaksakan diri, dan saling menjaga satu sama lain. Bupati juga membawakan obat-obatan dan vitamin untuk mereka. “Semoga mereka sehat, berangkat sehat dan pulang pun sehat. Berangkat lengkap dan pulang pun lengkap,” katanya.

Jumlah calon haji per kloter

Kloter 60       : 14 orang

Kloter 61       : 355 orang

Kloter 62       : 355 orang

Kloter 63       : 246 orang

Kloter 95       : 29 orang (tentatif)

Total               : 991 orang

Sumber: Kantor Kemenag Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya