94 Jemaah Umrah Gagal Berangkat di Bandara Juanda, Ini Alasannya

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) melaporkan sebanyak 94 umat pelaku jemaah umrah di Bandara Juanda Surabaya gagal berangkat akibat tidak adanya petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

 Petugas memeriksa kelengkapan calon jamaah umrah saat memasuki Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/3/2022). Sebanyak 366 orang melaksanakan ibadah umrah dan menjadi pertama kali di Jawa Timur setelah beberapa tahun terakhir Indonesia tidak mengirimkan jemaah akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa kelengkapan calon jamaah umrah saat memasuki Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/3/2022). Sebanyak 366 orang melaksanakan ibadah umrah dan menjadi pertama kali di Jawa Timur setelah beberapa tahun terakhir Indonesia tidak mengirimkan jemaah akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

Solopos.com, JAKARTA–Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) melaporkan sebanyak 94 umat pelaku jemaah umrah di Bandara Juanda Surabaya gagal berangkat akibat tidak adanya petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memeriksa.

Kepala Bidang Umrah AMPHURI Zaky Zakaria menyampaikan gagal berangkat jemaah umrah di Bandara Juanda kerap terjadi dan bukan kali pertama. “Kemarin, 26 September, KKP Juanda kembali mengakibatkan kegagalan jemaah umrah sebanyak 94 orang,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (27/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Namun pada kegagalan kali ini, Zaky menyampaikan bahwa seluruh jemaah telah memenuhi persyaratan dan kelengkapan dokumen, hanya terkendala petugas KKP yang tidak ada di tempat. Calon jemaah umrah yang telah tiba di bandara sejak dini hari menunggu petugas KKP untuk mendapatkan cap sebelum masuk ke imigrasi.

“info dari Ketua Amphuri Jatim setelah meminta konfirmasi ke Imigrasi Juanda, pihak imigrasi sudah berusaha menelpon pihak KKP tetapi baru terangkat jam 7 pagi dengan alasan silent,” jelasnya.

Baca Juga Pendeta Alberth Yoku Ingatkan Gubernur Papua

Sebelumnya, kejadian gagal berangkat jemaah umrah di Bandara Juanda mulai terjadi sejak Agustus 2022. Zaky menjelaskan pada 16 Agustus 2022 sebanyak 24 orang di Bandara Juanda gagal berangkat akibat kurang masa jeda antara suntik vaksin meningitis dengan keberangkatan.

Kejadian tersebut berlangsung hingga 19 Agustus dengan total jemaah yang gagal berangkat sebanyak 88 orang. Pasalnya ada perbedaan jeda waktu suntik yang menurut Kemenkes selama 14 hari, sementara Arab Saudi sendiri mensyaratkan jeda 10 hari.

Selain itu, Zaky merasa pihaknya dipersulit mulai dari pembuatan passport, meminta rekomendasi dari Kementerian Agama, dan susahnya mendapatkan vaksin meningitis. Sejak Agustus, menurut Zaky, tiba-tiba vaksin meningitis hilang atau berkurang dari peredaran, bahkan KKP dari 3 provinsi sudah menyatakan tidak ada stok lagi sampai waktu yang tidak ditentukan.

Baca Juga AirAsia Indonesia Buka Tiga Rute Domestik Baru

Setelah kejadian tersebut, AMPHURI telah melakukan audiensi bersama KKP dan Kemenkes untuk membahas soal vaksin meningitis dan ketersediaannya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 94 Jemaah Umrah Gagal Berangkat di Bandara Juanda, Ini Alasannya

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Deretan Kecelakaan Maut di Sarangan, Nomor 5 Paling Banyak Korban Jiwa

      Berikut deretan kecelakaan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa atau kecelakaan maut di Jalan Raya Sarangan-Tawangmangu, Kelurahan Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim).

      Legenda 2 Naga Raksasa di Balik Asal-Usul Telaga Sarangan

      Ada kisah legenda dua naga raksasa di balik asal-usul Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur.

      Segini Luas dan Kedalaman Telaga Sarangan

      Berikut luas dan kedalaman Telaga Sarangan yang terletak di lerengan Gunung Lawu, tepatnya Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim).

      Harta Karun Pasir Besi Lumajang dari Gunung Semeru

      Erupsi Gunung Semeru menyisakan harta karun berupa pasir besi yang melimpah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

      Cat Rescuer Kirim 6.000 Masker untuk Korban Erupsi Semeru

      Komunitas penyelamat kucing atau cat rescuer dari berbagai daerah menggalang masker untuk korban erupsi Gunung Semeru.

      Bus Masuk Jurang di Sarangan Sebabkan 7 Orang Meninggal, Polisi: Termasuk Sopir

      Bus yang mengangkut rombongan wisata asal Semarang mengalami kecelakaan maut, masuk jurang saat hendak menuju ke Telaga Sarangan, Magetan, Jatim.

      Semeru Erupsi, Warga 2 Desa di Lumajang Mengungsi

      Sebagian warga di dua desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022).

      Semeru Erupsi, Malang Diguyur Hujan Abu

      Erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) dini hari, menyebabkan hujan abu di wilayah Ampelgading, Kabupaten Malang.

      Operasi Gangster di Surabaya, 12 Remaja Bawa Sajam Ditangkap

      Operasi gabungan digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), untuk memberantas gangster dan aksi tawuran yang belakangan marak.

      Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Sarangan, 7 Orang Dilaporkan Meninggal

      Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan maut dengan terjun ke jurang saat melaju di Jalan Raya Sarangan - Tawangmangu.

      Gunung Semeru Kembali Erupsi, BPBD Imbau Warga Tidak Beraktivitas

      Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang kembali mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022).

      Gunung Semeru Erupsi di Tanggal yang Sama Tahun Lalu 4 Desember 2021

      Tepat satu tahun lalu, 4 Desember 2021 Gunung Semeru meletus dan pada hari ini gunung tertinggi di Pulau Jawa mengalami erupsi.

      Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818 Sampai Sekarang

      Gunung Semeru merupakan salah satu gunung api aktif tipe A yang tercatat mengalami erupsi kali pertama pada 1818.

      Video Detik-detik Gunung Semeru Erupsi, Terekam Jelas Luncuran Awan Panas

      Berikut ini terdapat video detik-detik Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari tadi.

      Erupsi dan Keluarkan Awan Panas, Status Gunung Semeru Siaga Level III

      Erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari dan mengeluarkan awan panas, status Gunung Semeru tetap di siaga level III.

      Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Awan Panas Setinggi 1,5 Kilometer

      Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari dan semburkan awan panas sejauh 1,5 km.