SOLOPOS.COM - Peserta antusias mengikuti campus tour dalam rangkaian Open Selection Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Basketball, Jumat (3/5/2024), di Kampus UKSW Salatiga. (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Campus tour mengisi hari terakhir dari rangkaian Open Selection Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Basketball, Jumat (3/5/2024), di Kampus UKSW Salatiga.

Bertempat di Auditorium Ds. S. Djojodihardjo dan open space lantai II Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW, sebanyak kurang lebih 75 peserta seleksi beasiswa beserta orang tua diperkenalkan lebih dalam akan profil kampus dan ragam tawaran beasiswa.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (KIP), Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., mengucapkan selamat datang kepada peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia menyampaikan sebagai Kampus Indonesia Mini yang telah terakreditasi Unggul, beasiswa basket merupakan komitmen UKSW dalam mendukung potensi di bidang olahraga.

“Klub basket UKSW merupakan satu-satunya klub basket profesional perguruan tinggi di Indonesia dan Jawa Tengah yang pernah berlaga di IBL [Indonesian Basketball League]. Kami mengapresiasi potensi besar ini dan dalam kesempatan ini mengajak teman-teman untuk bisa bergabung di UKSW,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (6/5/2024).

Sementara itu, Kepala Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (DivpromKomblik) UKSW, Nina Setiyawati, S.Kom., M.Cs., menambahkan sejumlah keunggulan UKSW yang membedakannya dengan kampus lain.

Dia membeberkan selain telah memperoleh bintang 3 Quacquarelli Symonds (QS) Star University Rating, UKSW juga menghadirkan transformasi pendidikan.

“Menggantikan ujian skripsi, UKSW memberi ruang bagi mahasiswa untuk melakukan diseminasi Tugas Talenta Unggul (TTU) berupa pameran dari produk inovasi yang diinisiasi oleh mahasiswa itu sendiri. Di sini, kami mengapresiasi bakat dan kemampuan mahasiswa di bidangnya masing-masing,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan kemarin perwakilan Direktorat Penjaringan Beasiswa dan CSR, Triesanto Romulo Simanjuntak, S.IP., M.A. Dalam sesi pemaparannya di hadapan calon mahasiswa dan orang tua, Triesanto Romulo memperkenalkan kurang lebih 15 pilihan beasiswa lainnya yang ada di UKSW.

Seleksi Fisik hingga Psikotes

Rangkaian Open Selection UKSW Basketball dilaksanakan sejak tanggal 1 hingga 3 Mei 2024. Manajemen Bidang Sport Director UKSW, Roberto Octavianus Cornelis Seba, S.H., M.H.I., menyampaikan seleksi beasiswa basket dimulai dengan tes fisik pada hari pertama, Rabu (1/5/2024) dan kedua, Kamis (2/5/2024). Sedangkan di hari ketiga, Jumat (3/5/2024) berupa psikotes sebagai tahap paling akhir dari seleksi.

“Baru kali ini diadakan psikotes dalam Open Selection UKSW Basketball. Tes ini sendiri penting untuk mengetahui kemampuan intelegensi dan motivasi calon penerima beasiswa. Sehingga nantinya saat menjadi mahasiswa, mereka tidak hanya sukses sebagai atlet tapi juga sukses pendidikannya,” ucap Roberto.

Dengan total pendaftar sebanyak 91 orang, Roberto menerangkan kuota penerima beasiswa 100% kali ini sebanyak 9 orang dengan perincian 5 putra dan 4 putri.

Menggunakan sistem pemeringkatan, ia menambahkan jika pendaftar beasiswa yang lolos namun tidak termasuk dalam 5 besar penerima beasiswa putra dan 4 besar penerima beasiswa putri, tetap berkesempatan mendapat beasiswa sebesar 50% yang tersedia di 20 program studi UKSW.

“Setiap bulan kami akan selalu memantau perkembangan mereka. Harapannya dengan menerima beasiswa ini, kelak saat menjadi mahasiswa mereka akan selalu termotivasi untuk bisa berprestasi,” tutur Roberto yang juga merupakan Kepala Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) UKSW.

Stan 9 Fakultas

Kegiatan tersebut dimeriahkan ekspo fakultas yang diisi 9 fakultas di UKSW. Ekspo itu menjadi momen berharga bagi orang tua dan para calon mahasiswa untuk mengenal sekaligus menemukan bidang studi yang diminati.

Sesi yang menarik di open space lantai 2 FTI ini menghadirkan stand-stand fakultas dengan berbagai produk kreatif disertai pemaparan yang ramah dan informatif.

Salah seorang peserta asal Jakarta, Abdul Rachman Nurislam Mangamis, mengaku senang bisa terlibat dalam keseruan campus tour. Ia yang memiliki hobi bermain basket sejak lama, bertekad untuk bisa mendapatkan beasiswa basket UKSW.

“Jarang banget ada kampus yang memberi beasiswa full untuk minat kita, dalam hal ini di basket. Tentu aku nggak bakal melewatkan kesempatan ini,” katanya yang juga tertarik untuk bergabung di Fakultas Psikologi UKSW ini.

Sementara itu, Sherly Kurniawati, ibu dari salah satu peserta seleksi yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur, mengaku kali pertama mengenal UKSW melalui kegiatan promosi oleh kampus di Kalimantan beberapa waktu silam.

Dia yang mendukung minat anak yang bertalenta di olahraga basket merasa beasiswa dari UKSW ini merupakan pilihan yang tepat.

“Saya terkesan dengan UKSW, apalagi tadi juga disampaikan masih ada banyak pilihan beasiswa lainnya di sini yang pastinya bermanfaat untuk calon-calon mahasiswa,” pungkasnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya