SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com) – Sebanyak 90% wakil rakyat yang duduk di DPRD Klaten mangkir dari puncak acara Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-207 yang diselenggarakan di halaman Setda Pemkab setempat, Kamis (28/7/2011). Dari 50 anggota DPRD, terhitung hanya lima orang yang terlihat menghadiri upacara yakni Ketua DPRD, Agus Riyanto, Wakil Ketua, Abriyanto dan beberapa anggota DPRD seperti Muslim Fadlil dari Fraksi PPP, Tugiman dari Fraksi PDIP, dan Sunarto dari Fraksi Golkar.

Banyaknya jumlah wakil rakyat yang mangkir dalam upacara Hari Jadi Klaten itu disesalkan Aliansi Rakyat Anti Korupsi Klaten (ARAKK). Koordinator ARAKK, Abdul Muslih mengatakan para wakil rakyat tidak memberikan contoh baik bagi rakyat yang dipimpinnya. Dia menilai, ketidakhadiran para wakil rakyat itu merupakan sebuah ironi lantaran tidak sejalan dengan komitmen eksekutif Pemkab Klaten yang mengajak warga berperan dalam membangun Klaten melalui semangat Hari Jadi Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Muslih meminta Badan Kehormatan (BK) DPRD Klaten bertindak tegas terhadap anggota yang kurang merasa memiliki Klaten. ”Pemkab Klaten sudah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Klaten, tetapi wakil rakyat yang duduk di DPRD kurang mendukungnya. Ini ironi. Kepedulian mereka terhadap Klaten patut dipertanyakan. Kalau sudah tidak merasa memiliki Klaten, lebih baik mundur dengan hormat dari kursi dewan,” tegas Muslih.

Sementara itu, Ketua DPRD Klaten, Agus Riyanto saat dihubungi Espos melalui telepon tidak mengangkatnya. Sekretaris Umum Panitia Hari Jadi Klaten, Sugeng Haryanto mengaku sudah mengirimkan undangan ke semua anggota DPRD untuk hadir di upacara. Namun, dia tidak tahu menahu mengapa sebagian besar anggota DPRD mangkir dari puncak acara Hari Jadi Klaten itu.

Puncak acara peringatan Hari Jadi Klaten berjalan cukup khidmat. Bupati Klaten, Sunarna bertindak selalu inspektur upacara. Hadir dalam upacara itu, Wakil Bupati Klaten, Sri Hartini, Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Puji Setiono, dan sejumlah pejabat lainnya. Namun begitu, partisipasi dari wakil rakyat yang duduk di DPRD Klaten cukup minim dalam kegiatan puncak acara Hari Jadi Klaten itu.

mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya