Tutup Iklan -->
90% Trans Semarang Siap Masuk Bandara
BRT Trans Semarang. (Instagram-@transsemarang)

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang menyebutkan kesiapan armadanya di Koridor V memasuki Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sudah mencapai 90%.

"Bus Rapid Transit [BRT] Trans Semarang selama ini sudah melayani rute ke bandara meski tidak masuk ke dalam," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti di Semarang, Kamis (24/5/2018).

Namun, ia mengatakan rute yang dilayani Koridor IV dengan rute Cangkiran-Bandara Ahmad Yani tersebut melayani akses bandara lama, sementara sekarang ini bandaranya sudah dikembangkan.

Dengan pengembangan bandara, kata dia, jalur masuknya pun berbeda sehingga disiapkan satu koridor untuk melayani aksesnya, yakni Koridor V yang selama ini melayani rute PRPP-Meteseh PP.

"Rencananya, Koridor V memasuki bandara akan dioperasikan pada 2 Juni 2018. Nantinya, nama trayek koridor itu pun tidak lagi PRPP-Meteseh PP, namun Bandara-Simpang Lima-Meteseh," jelasnya.

Artinya, kata dia, BRT Trans Semarang sudah terkoneksi ke seluruh wilayah, termasuk simpul perbatasan dengan kabupaten sekitar dan simpul transportasi, seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal.

"Kalau sudah dilayani Koridor V, Koridor IV tidak lagi memasuki bandara karena akses lama Bandaran Ahmad Yani tersebut akan digunakan sebagai kargo, bukan untuk terminal penumpang," tuturnya.

Ade menambahkan berdasarkan pengalaman di bandara lama yang beberapa lalu sempat terjadi miskomunikasi karena setiap bus Trans Semarang ditarik tarif masuk bandara sampai akhirnya digratiskan.

Untuk operasional Koridor V itu, ia mengharapkan dari pihak Angkasa Pura juga menggratiskan biaya masuk bandara untuk armada Trans Semarang sebagaimana bandara lama, termasuk petugas yang setiap hari bertugas di bandara.

"Bayangkan jika biaya sekali masuk bandara Rp10 ribu/bus. Nanti ada 14 bus, kalau dikalikan jadi Rp140 ribu. Setiap hari, setiap bus ada delapan perjalanan, berarti Rp1,12 juta. Dikali sebulan totalnya Rp33,4 juta," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadik memastikan kesiapan sarana dan prasarana Koridor V untuk memasuki bandara yang direncanakan mulai 2 Juni mendatang.

Ia mengatakan sejauh ini persiapannya lancar, termasuk rambu di laur bandara yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang, serta kesiapan petugas pelayanan informasi di bandara.

"Kami akan tambah petugas di dalam bandara agar bisa memberikan informasi kepada pengguna jasa mengenai rute-rute BRT Trans Semarang," katanya, di sela memantau kesiapan tangga portabel dan ruang tunggu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho