SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Joko Widodo (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Sebanyak 90.000 kemeja atau hem kotak-kotak seperti yang selama ini digunakan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama (Ahok) sedang diproduksi secara massal oleh sejumlah usaha kecil menengah (UKM) di Jakarta dan Soloraya.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Rencananya kemeja-kemeja tersebut akan dijual Rp100.000/kemeja. Uang dari penjualan kemeja akan digunakan untuk modal Jokowi-Ahok maju perang dalam Pilkada DKI Jakarta. Di sela-sela kesibukannya hilir mudik Solo-Jakarta, Walikota Solo, Jokowi mengajak para jurnalis melihat langsung proses produksi kemeja di Arjuna Tailor RT 003/RW 008 Nayu Barat, Nusukan, Banjarsari.

Arjuna Tailor hanya satu dari beberapa UKM yang dipercaya Jokowi bersama timnya untuk memproduksi kemeja. Selain Arjuna Tailor, produksi kemeja juga dilakukan di UKM di Kalijambe, Sragen; Kalioso, Karanganyar; Sondakan, Solo; dan Grogol, Sukoharjo. Jumlah produksi tahap pertama di beberapa UKM tersebut ditarget sekitar 20.000 kemeja. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibanding jumlah kemeja yang sama yang diproduksi di Jakarta dan sekitarnya 70.000 kemeja.

Sangat memungkinkan jumlah produksi kemeja ditambah lagi, sesuai kebutuhan di lapangan. Pemilik Arjuna Tailor, Suparto, 51, ditemui Solopos.com mengatakan saat ini pihaknya hanya mendapat pesanan 1.000 kemeja. Pemesanan baru dilakukan Rabu (11/3) lalu dan Kamis (12/3) mulai diproduksi. Karena banyaknya jumlah pesaan, Suparto menambah penjahit dari 20 orang menjadi 50 orang per harinya. Mereka berasal dari warga sekitar dan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang sedang mengikuti praktik kerja lapangan (PKL).

Laki-laki yang sudah menjalankan usahanya selama 30 tahun terakhir itu menyatakan siap menyelesaikan pesanan sesuai jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya