SOLOPOS.COM - Gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta (Istimewa)

Sembilan kampus di Indonesia masuk daftar World Class University. UI masih no. 1, sedangkan UMS di peringkat 8.

Solopos.com, SOLO — Sembilan universitas/institut di Indonesia masuk dalam daftar kampus dunia versi QS University Rankings. Universitas Indonesia (UI) berada di urutan pertama kampus di Indonesia, sedangkan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah UI, berturut-turut ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di urutan 2 dan 3. Di rangking global 2018, UI berada di peringkat 277, naik dari posisi tahun sebelumnya 325. Sementara itu, ITB ada di peringkat 331 dunia dan UGM ada di range peringkat 401-410 dunia.

Selain ketiga perguruan tinggi itu, ada enam kampus lain di Indonesia yang masuk daftar peringkat kampus dunia. Berturut-turut adalah Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Brawijaya.

Peringkat terbaru tersebut dirilis di laman www.topuniversities.com, Rabi (8/6/2017). Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking merupakan pemeringkatan yang menjadi acuan resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk menentukan kampus yang masuk World Class University.

Pihak UI langsung merespons terbitnya peringkat baru ini melalui akun Twitter @univ_indonesia. Pemeringkatan ini menunjukkan pendidikan tinggi Indonesia telah diakui dunia. “Hasil pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah direkognisi dunia,” kicau @univ_indonesia, Rabu.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh QS World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pemeringkatan didasarkan beberapa faktor, yaitu academic reputation, citation [predikat] per faculty, employer reputation, faculty student, international faculty, dan international student.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya