9 Warisan Geologi di DIY Ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi

9 Warisan Geologi di DIY Ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi

SOLOPOS.COM - Pintu masuk kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran (bloggergundul.com)

Solopos.com, JOGJA – Sebanyak sembilan kawasan yang merupakan warisan geologi atau geoheritage di wilayah DIY telah resmi ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Penetapan itu melalui Surat Keputusan Kepala Badan Geologi tentang Penentuan Kawasan Cagar Alam Geologi DIY per 2 Oktober 2014 yang diserahkan Kepala Badan Geologi Surono kepala Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan Danurejan di Jl. Malioboro, Jogja, Jumat (31/10/2014).

Sultan menyambut positif penetapan sembilan wilayah di DIY menjadi Kawasan Geoheritage. Dia berharap penetapan Kawasan Heritage memiliki kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun dia mengingatkan untuk tidak merusak kondisi yang ada. Lebih lanjut dia meminta para bupati se-DIY agar dapat menjaga wilayah yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Geoheritage tersebut dari aktivitas perekonomian yang dapat merusak kondisi, termasuk dari aktivitas jual beli tanah.

“Berharap pada para bupati, sambil kami menentukan langkah selanjutnya, agar kawasan ini [9 Kawasan Geoheritage] diamankan dari permukiman baru yang tumbuh. Jangan sampai ini jadi isu, artinya terjadi jual beli tanah di kawasan itu. Jaga keamanannya,” ujar Sultan.

Sultan menilai penetapan sembilan Kawasan Geoheritage sangat tepat waktu karena dalam waktu dekat, yakni pada 2015, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap tata ruang dan wilayah.

Dengan demikian, ujarnya, sembilan wilayah yang baru ditetapkan sebagai Kawasan Geoheritage tersebut dapat dimasukkan ke dalam Rancangan Tata Ruang dan Wilayah DIY.

Di Sleman antara lain Monumen Batu Gamping Eosen, Lava Bantal Berbah, dan Endapan Vulkanik Purba Candi Ijo. Kawasan di Kulonprogo yang ditetapkan sebagai geoheritage antara lain Gua Kiskendo dan Kawasan Bekas Penambangan Mangan Kliripan.

Di Gunungkidul, ada kawasan geoheritage Gunungapi Purba Nglanggeran, Kawasan Pantai Wediombo-Siung, dan Situs Bioturbasi Kali Ngalang. Kemudian kawasan geoheritage di Bantul yaitu Kawasan Geologi Gumuk Pasir Parangtritis.

Surono mengemukakan tim dari Badan Geologi telah selesai melakukan verifikasi terhadap sembilan warisan budaya tersebut. Kemudian, Badan Geologi Kementerian ESDM menetapkan kesembilan Kawasan Geoheritage tersebut melalui Surat Keputusan Kepala Badan Geologi tentang Penentuan Kawasan Cagar Alam Geologi DIY per 2 Oktober 2014. "Saya [datang] menyerahkan penentuan kawasan geoheritage," ujar Surono.

Berdasarkan laporan Surono, geoheritage yaitu lokasi atau tempat tersingkapnya bukti warisan geologi yang mengandung informasi penting riwayat geologi DIY dan sekitarnya hingga ke masa jutaan tahun yang lalu.

Warisan geologi tersebut membentuk riwayat utuh sejak zaman pra gunung api, zaman gunung api purba, dan zaman gunung api masa kini. Menurutnya, warisan geologi yang utuh tergolong jarang dijumpai.

Dia mengemukakan informasi tentang warisan geologi tersebut diperoleh dari hasil survei penelitian UPN.

Kemudian, pada Desember 2013, Pemda DIY c.q Biro Administrasi Pembangunan bersama UPN melakukan inventarisasi terhadap situs-situs tersebut dan mengusulkan penetapan kawasan geoheritage tersebut kepada Menteri ESDM c.q. Kepala Badan Geologi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Patuhi Pusat, Wali Kota Semarang Larang Mudik Lokal

Berbeda dengan wilayah lain yang mengabaikan kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik lokal, Semarang kukuh bersikap patuh.

Begini Kondisi Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun di Solo Saat Tak Ada Penumpang

Kondisi Bandara Adi Soemarmo serta stasiun KA di Kota Solo sepi dan lengang karena hampir tidak ada penumpang selama pelarangan mudik.

Masjid Agung Purwokerto Mulai Dibangun

Pembangunan Masjid Agung dan Islamic Center Purwokerto di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dimulai, Jumat (7/5/2021).

Lantik 9 Kepala Desa, Bupati Boyolali: Ingatkan Warganya Untuk Tidak Mudik!

Bupati Boyolali M Said Hidayat melantik sembilan kepala desa di wilayahnya yang merupakan hasil pilkades antarwaktu beberapa waktu lalu.

Begini Salat Idulfitri di Rumah Menurut Kemenag

Kementerian Agama menerbitkan surat edaran mengenai panduan penyelenggaran salat Idulfitri 1442 H atau Lebaran 2021, Jumat (7/5/2021).

PLN Bantu Sambungan Listrik Gratis Konsumen Kurang Mampu Jateng

PLN memberikan bantuan penyambungan listrik secara gratis kepada masyarakat yang dianggap kurang mampu di Jateng.

Kemenaker Catat 1.569 Laporan THR, Apa Saja Kasusnya?

Posko Tunjangan Hari Raya Keagamaan 2021 Kementerian Ketenagakerjaan mencatat 1.569 laporan atas perkara THR sepanjang 20 April-6 Mei 2021.

Tak Lolos TWK, 75 Pegawai KPK Tengah Tangani Kasus-kasus Korupsi Besar

Apalagi, kata Laode, kasus-kasus korupsi yang ditangani oleh 75 pegawai KPK itu diantaranya; kasus korupsi Bansos yang telah menjerat eks Menteri Sosial Juliari P. Batubara hingga kasus suap Direktorat Pajak di Kementerian Keuangan.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Sabtu, 8 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Hapus Degradasi Liga 1 2021, PSSI Siap Di-Bully

Exco PSSI memutuskan meniadakan degradasi di Liga 1 mendatang lewat rapat pada Senin (3/5/2021).

Covid-19 Tunda Bulu Tangkis Malaysia Open

Panitia belum dapat memastikan jadwal baru turnamen yang sedianya dihelat 25-30 Mei tersebut.

Jatah Promosi Berkurang, Persis Solo Santai

Komisaris Utama PT Persis Solo Saestu (PSS), Kevin Nugroho, mengatakan Persis Solo justru termotivasi ketika jatah promosi berkurang.