9 Tips Memilih Kulkas yang Baik dan Tepat

Ini tips memilih kulkas, jangan hanya tergiur dengan kalimat promosi atau iklan semata, pastikan memilih kulkas sesuai kebutuhan.

 Ilustrasi kulkas. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kulkas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kulkas adalah produk elektronik yang semakin diminati oleh masyarakat, mulai dari kalangan bawah sampai atas. Lemari es ini berguna untuk berbagai macam kebutuhan, seperti menyimpan sayuran, makanan, membuat es batu, menyegarkan minuman kemasan dan lain sebagainya.

Sebelum mencari tahu rekomendasi produk kulkas terbaik, ada baiknya Anda memahami tips memilih kulkas yang baik dan tepat berikut ini.

Tips Memilih Kulkas yang Baik dan Tepat

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap lemari es, pabrikan elektronik semakin gencar merilis kulkas terbaru. Kulkas tersebut dari dengan spek yang beragam, mulai dari berteknologi biasa, menengah sampai canggih.

Jangan hanya tergiur dengan kalimat promosi atau iklan semata, pastikan Anda memilih kulkas sesuai kebutuhan. Sehingga tidak ada biaya yang mubadzir nantinya.

1. Volume

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah volume atau kapasitas penyimpanan kulkas. Jangan terlalu bernafsu membeli kulkas berukuran besar, apabila kenyataannya Anda hanya membutuhkan space penyimpanan kecil dan menengah.

Baca Juga: Minum Susu Cegah Penularan Covid-19? Cek Faktanya

Pertanyaan yang mesti Anda jawab adalah untuk apa ketika sudah memiliki kulkas nanti? Apakah sekedar mendinginkan air minum agar lebih segar, untuk menyimpan dagangan agar tidak mudah busuk dan lain sebagainya.

2. Dimensi

Ukuran juga tidak kalah penting diperhatikan sebelum memutuskan ingin membeli kulkas yang mana. Coba lihat deh luas ruang yang masih tersisa di dapur.

Jangan sampai kulkas pilihan Anda berukuran jumbo, padahal space ruangan di dapur tinggal sedikit. Pada akhirnya, kekeliruan semacam ini berakibat fatal karena rumah terasa lebih sempit.

3. Desain

Sebenarnya poin ke-tiga ini hanya opsional saja semata. Sebab, kulkas yang memiliki desain bagus sebanding dengan harganya yang mahal. Apabila Anda memiliki dana terbatas, tidak terlalu pusing dengan masalah desain.

Yang penting fungsinya sudah memenuhi kebutuhan, maka cukup. Beda cerita apabila uang Anda memang banyak, silahkan pilih desain keren supaya interior rumah semakin terlihat manis.

4. Kualitas

Setelah memahami model dan ukuran kulkas yang dibutuhkan, tugas Anda selanjutnya adalah memilih kulkas dari merk ternama. Sangat disarankan memilih kulkas yang diproduksi oleh brand terkenal seperti LG, Sharp, Panasonic dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Tips Supaya Ruangan Terkesan Mewah dengan Lampu Spotlight

Disarankan supaya memilih bahan yang kokoh dan mapan, salah satunya PCM (Pre Coated Material). Kelebihan material tersebut adalah memiliki daya tahan yang bagus terhadap goresan, anti karat, kokoh dan mempunyai kontur mengkilap sekaligus apik.

Tetap boleh memilih kulkas yang terbuat dari bahan lain, asalkan mutunya tetap antigores, antikarat, kokoh dan sejenisnya.

5. Teknologi Pendingin

Di bagian kanan atas pintu kulkas, biasanya terdapat label berbintang. Ada yang jumlah bintangnya 3 dan ada juga berbintang 5. Kulkas dengan label 3 bintang mengartikan kemampuan pendinginnya sebesar -1.500 C. Sedangkan label 5 bintang menunjukkan kemampuan maksimumnya adalah suhu -2.100 C.

Kulkas berlabel 3 bintang umumnya dimiliki brand lokal Indonesia, sedangkan label 5 bintang rata-rata menempel di kulkas dari brand Eropa.

6. Fitur Pendingin

Apabila menginginkan hasil yang memuaskan, pastikan kulkas sudah dibekali fitur “multi air flow”. Fitur ini memastikan suhu dingin merata ke semua bagian kulkas. Sehingga, Anda tidak lagi mengalami masalah suhu terlalu dingin di satu bagian dan bagian lainnya kurang dingin.

7. Fitur Wadah

Kulkas yang baik memiliki wadah bagus dan fungsional. Sebagai contoh, rak telur wajib memiliki lubang, wadah ikan dan daging harus terpisah, wadah buah-buahan tidak berlubang, dan lain sebagainya.

8. Konsumsi Listrik

Pertimbangkanlah membeli kulkas yang dibekali teknologi pendinginan hemat energi. Sehingga, konsumsi listrik bisa dikendalikan dan tidak terlalu mahal.

Baca Juga: Takut Makanan di Kulkas Rusak Akibat Listrik Mati, Segera Simpan Dengan Cara Ini

9. Garansi

Demi meminimalisir kerugian pada kulkas baru, pastikan ia memiliki garansi resmi. Sehingga, sewaktu-waktu mengalami kerusakan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang tips memilih kulkas yang baik dan tepat. Semoga bisa membantu Anda menemukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

Viral! Formulir Pekerjaan Berisi Syarat Mesum, Disuruh Foto Tak Senonoh

Seorang pelamar kerja mendapatkan sesuatu yang tak wajar saat mengisi formulir, dia mendapati pertanyaan berbau pornografi.

Miris! Tiktoker Cantik ini Dibully Gegara Miliki Tanda Lahir di Wajah

Meski mempunyai wajah rupawan, Tiktoker Ika Masriana sering mendapatkan bully-an lantaran memilliki tanda lahir di mukanya.

Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Video wanita yang dijodohkan dengan tetangganya ini memperlihatkan momen pertama mereka bertemu.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi.

Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Meski tidak ada riwayat sakit sebelum terkena pendarahan otak, namun sebenarnya Tukul Arwana sudah menunjukkan sejumlah gejala.

3 Doa Agar Dagangan Laris, Mari Diamalkan

Salah satu ihktiar agar dagangan laris adalah dengan berdoa memohon kepada Allah SWT.

9 Daerah di Jawa Tengah Endemis, Begini Cara Pencegahan Kaki Gajah

Sebelum melakukan pencegahan, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab penyakit kaki gajah.

Daftar Harga Rokok Terbaru 2021, dari Paling Murah hingga Termahal

Ini dia daftar harga rokok terbaru 2021 dari paling murah hingga paling mahal setelah kenaikan cukai rokok pada awal 2021 sebesar 12,5 persen.

Awas! 12 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana

Tips kesehatan kali ini membahas 12 gejala yang bisa menjadi penanda seseorang terkena pendarahan otak.

Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Saat ini sudah banyak alas bedak memiliki kandungan SPF, sehingga praktis dipakai.

Doa Agar Diberi Ketenangan Hati dan Pikiran dalam Islam

Berikut ini terdapat bacaan doa agar diberi ketenangan hati dan pikiran dalam Islam yang dijelaskan oleh Nahdlatul Ulama atau NU.

Kabar Baik! Risiko Anak Mengalami Long Covid-19 Rendah

Meskipun lebih kecil, risiko long Covid-19 pada anak tetap ada.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Viral! Truk Terbang Diangkut Helikopter, Netizen Mengira Mainan

Video menunjukkan truk yang diangkut helikopter menjadi perbincangan netizen di dunia maya, bahkan ada yang menganggap mainan anak.