SOLOPOS.COM - Kelompok Abu Sayyaf (www.ibtimes.com)

Terduga teroris Sulteng diduga berafiliasi dengan jaringan Abu Sayyaf di Filipina Selatan.

Solopos.com, JAKARTA — Sembilan orang terduga teroris yang diamankan di Tolitoli dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat (10/3/2017) pekan lalu, disebut memiliki hubungan dengan jaringan teroris di Filipina Selatan, Abu Sayyaf.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menyebutkan hingga kini pihaknya masih terus menggali keterangan dari sembilan orang ini. “Mereka bagian dari jaringan yang ada hubungan, akses jaringan terorisme di Filipina Selatan, sedang kita dalami,” katanya Rabu (15/3/2017).

Sejauh ini, Boy belum bisa memberi keterangan lebih jauh terkait peran kesembilan orang terduga teroris ini. Menurutnya, informasi terkait adanya kerterkaitan kesembilan orang ini dengan jaringan teror di negara tetangga masih diperoleh berdasarkan keterangan sepihak.

Namun, bisa dipastikan bahwa mereka merupakan bagian dari kelompok yang melakukan rencana kekerasan terhadap petugas termasuk satuan TNI. “Oleh karena itu, kita meningkatkan kewaspadaan, terutama petugas di lapangan untukmengantisipasi orang yang memiliki niatan penyerangan,” katanya.

Seperti diketahui, pekan lalu pihak Polda Sulawesi Tengah mengamankan sembilan orang atas dugaan merencanakan penyerangan sejumlah markas kepolisian dan anggota Polri. Enam di antaranya ditangkap di Tolitoli, sementara sisanya di Parigi Moutong.

Dari tangan mereka pihak kepolisian menyita sejumlah barang bukti berupa bahan peracik bom, seperti pupuk, belerang, arang, paku, dan spirtus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya