SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sembilan legislator dari delapan fraksi di DPRD Jateng menerima penghargaan dari Badan Kehormataan (BK) DPRD Jateng. Penganugerahan penghargaan itu digelar Sabtu (31/8/2019) malam di Hotel Alila Solo.

Penghargaan diberikan atas kiprah dan dedikasi mereka sebagai wakil rakyat selama lima tahun terakhir. Sembilan legislator tersebut yaitu Alwin Basri (PDIP), Feri Wawan Cahyono (Golkar), Sri Maryuni (PAN), Yudi Indras Wiendarto (Gerindra), Sukirman (PKB), Tety Indarti (Demokrat), Masruhan Samsurie (PPP), Hadi Santoso (PKS), dan Rukma Setyabudi (PDIP).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Daftar legislator penerima penghargaan dibacakan ketua tim penilai, Ari Pradanawati. Yang menarik, awalnya Ari membacakan delapan legislator penerima penghargaan. Setelah itu panitia meminta Rukma Setyabudi yang juga Ketua DPRD Jateng periode 2014-2019 untuk menyerahkan piagam penghargaan dan mengucapkan selamat.

Namun setelah semua penghargaan diserahkan, Ari membuka satu amplop terakhir yang sengaja disimpannya. Amplop itu berisi nama legislator kesembilan yang menerima penghargaan.

Setelah amplop dibuka dan isinya dibaca ternyata nama Rukma Setyabudi yang tertera di situ. Spontan seluruh hadirin bertepuk tangan. Ari menjelaskan materi penilaian penerima awards meliputi kuantitas pemberitaan di media, tingkat kehadiran di dalam rapat atau paripurna, pelaksanaan reses, dan kegiatan pembahasan legislasi.

Selain itu ada materi tentang keaktifan sebagai narasumber dan performa individu. Sedangkan Rukma Setyabudi mengatakan pemberian BK Awards relevan dengan situasi dan kondisi saat ini di mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perwakilan rakyat menurun.

“Pemberian penghargaan ini semoga menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat,” ujar dia.

Rukma mengatakan pemberian BK Awards kepada para legislator sebagai bentuk penghargaan kepada wakil rakyat yang berkomitmen dalam menjaga kode etik, disiplin, dan tingkah laku. Komitmen tersebut sangat penting dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan DPRD Jateng.

“Penghargaan ini merupakan salah satu upaya BK DPRD dalam memberikan penilaian sesuai kerangka kerja DPRD yaitu kode etik, kedisiplinan, dan tingkah laku dengan melibatkan tim profesional sebagai penilai,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya