9 Legislator Dianugerahi BK DPRD Jateng Awards

Sembilan legislator dari delapan fraksi di DPRD Jateng menerima penghargaan dari Badan Kehormataan (BK) DPRD Jateng. Penganugerahan penghargaan itu digelar Sabtu (31/8/2019) malam di Hotel Alila Solo

9 Legislator Dianugerahi BK DPRD Jateng Awards

SOLOPOS.COM - Para legislator DPRD Jateng menerima piagam penghargaan atas kiprah dan dedikasinya lima tahun terakhir, Sabtu (31/8/2019) malam, di Hotel Alila Solo. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Sembilan legislator dari delapan fraksi di DPRD Jateng menerima penghargaan dari Badan Kehormataan (BK) DPRD Jateng. Penganugerahan penghargaan itu digelar Sabtu (31/8/2019) malam di Hotel Alila Solo.

Penghargaan diberikan atas kiprah dan dedikasi mereka sebagai wakil rakyat selama lima tahun terakhir. Sembilan legislator tersebut yaitu Alwin Basri (PDIP), Feri Wawan Cahyono (Golkar), Sri Maryuni (PAN), Yudi Indras Wiendarto (Gerindra), Sukirman (PKB), Tety Indarti (Demokrat), Masruhan Samsurie (PPP), Hadi Santoso (PKS), dan Rukma Setyabudi (PDIP).

Daftar legislator penerima penghargaan dibacakan ketua tim penilai, Ari Pradanawati. Yang menarik, awalnya Ari membacakan delapan legislator penerima penghargaan. Setelah itu panitia meminta Rukma Setyabudi yang juga Ketua DPRD Jateng periode 2014-2019 untuk menyerahkan piagam penghargaan dan mengucapkan selamat.

Namun setelah semua penghargaan diserahkan, Ari membuka satu amplop terakhir yang sengaja disimpannya. Amplop itu berisi nama legislator kesembilan yang menerima penghargaan.

Setelah amplop dibuka dan isinya dibaca ternyata nama Rukma Setyabudi yang tertera di situ. Spontan seluruh hadirin bertepuk tangan. Ari menjelaskan materi penilaian penerima awards meliputi kuantitas pemberitaan di media, tingkat kehadiran di dalam rapat atau paripurna, pelaksanaan reses, dan kegiatan pembahasan legislasi.

Selain itu ada materi tentang keaktifan sebagai narasumber dan performa individu. Sedangkan Rukma Setyabudi mengatakan pemberian BK Awards relevan dengan situasi dan kondisi saat ini di mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perwakilan rakyat menurun.

"Pemberian penghargaan ini semoga menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat," ujar dia.

Rukma mengatakan pemberian BK Awards kepada para legislator sebagai bentuk penghargaan kepada wakil rakyat yang berkomitmen dalam menjaga kode etik, disiplin, dan tingkah laku. Komitmen tersebut sangat penting dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan DPRD Jateng.

"Penghargaan ini merupakan salah satu upaya BK DPRD dalam memberikan penilaian sesuai kerangka kerja DPRD yaitu kode etik, kedisiplinan, dan tingkah laku dengan melibatkan tim profesional sebagai penilai," terang dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)

Warga Wonogiri Diimbau Silaturahmi Virtual, Tapi Banyak yang Masih Tatap Muka

Tradisi silaturahmi secara tatap muka pada momentum Lebaran tidak bisa sepenuhnya hilang, meski masyarakat sudah diimbau untuk melaksanakannya secara virtual.