SOLOPOS.COM - Berbagai pembatasan untuk menekan penyebaran Covid-19 membuat layanan pesan antar makanan secara daring atau online makin banyak digunakan masyarakat. (www.freepik.com/Technology photo created by tirachardz)

Solopos.com, SOLO-Untuk bisa mengakses internet, smartphone kamu tentu memerlukan paket data atau kuota. Namun, kuota yang bersifat terbatas sering kali kurang menunjang kebutuhan internet secara maksimal. Akhirnya, kamu akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kuota internet berulang kali.

Nah, agar tidak boros karena kuota internet, yuk ikuti 9 cara di bawah ini, seperti dikutip dari Indihome.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Pakai kuota seperlunya

Pemakaian kuota perlu dibatasi agar kamu tidak membeli paket data atau pulsa berulang kali. Misalnya, jika smartphone kamu memiliki kuota sebanyak 3 GB untuk 30 hari, usahakan pemakaian internet per harinya sekitar 100 Mb saja.

Hindari juga streaming dan akses konten multimedia lainnya yang berdurasi panjang dengan menggunakan kuota tersebut.

 

Pilih paket kuota hemat

Cara lainnya yaitu menggunakan paket kuota hemat dengan harga yang lebih terjangkau. Kamu bisa mendapatkan penawaran menarik ini di hari-hari tertentu.

Tetapi, ada juga promo khusus bagi pelanggan setia yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa cari tahu tentang paket kuota hemat ini melalui aplikasi atau SMS yang dikirimkan provider.

 

Matikan fitur update aplikasi otomatis

Pastikan kamu mematikan pengaturan update aplikasi secara otomatis di smartphone ya! Tujuannya agar paket data tidak tersedot karena pembaruan aplikasi dengan ukuran yang cukup besar.

Terlebih lagi jika smartphone kamu memiliki banyak aplikasi untuk diperbarui secara bersamaan. Jika ingin update aplikasi, sebaiknya dilakukan saat smartphone kamu terhubung ke jaringan WiFi unlimited.

 

Aktifkan mode data saver

Smartphone saat ini umumnya dibekali dengan mode data saver untuk menghemat kuota internet. Cara mengaktifkan mode ini juga mudah kok. Kamu hanya perlu ke menu Pengaturan, pilih Koneksi / Data Usage, lalu aktifkan mode Data Saver.

 

Stop aplikasi tertentu

Bila kamu memiliki aplikasi yang jarang digunakan di smartphone, sebaiknya stop atau uninstall aplikasi tersebut. Bisa saja aplikasi itu akan menyedot kuota tanpa kamu sadari. Jadi, pilih dulu aplikasi mana yang tidak kamu gunakan di menu Pengaturan, kemudian menonaktifkannya.

 

Manfaatkan aplikasi offline

Tidak sedikit aplikasi pada smartphone yang bisa kamu akses secara offline alias tidak memerlukan jaringan internet. Untuk mengetahui apakah aplikasi itu dapat diakses secara offline, Kamu bisa cek di menu Pengaturan Aplikasi. Lalu, manfaatkan aplikasi tersebut sebagai cara untuk menghemat kuota internet di handphone.

 



Atur kualitas video streaming

Streaming atau nonton video adalah salah satu aktivitas digital yang paling banyak memakan kuota internet. Video berkualitas SD saja dapat menghabiskan kuota sekitar 300 MB per jam, sedangkan kualitas HD dan full HD bisa memakan data bergiga-giga per jamnya.

Jika kamu menggunakan paket data untuk mengakses konten digital tersebut, sebaiknya turunkan kualitas video agar lebih hemat kuota. Pastikan juga kamu telah menutup tab platform streaming ketika tidak ditonton untuk menghentikan proses unduh data.

 

Jangan aktifkan fitur auto download

Aplikasi email maupun chatting memiliki fitur auto download file, video, foto, GIF, dan sticker. Jika tetap aktif, maka fitur itu akan membuat kuota kamu cepat habis. Menghemat kuota internet dengan cara ini bisa meminimalisir pemborosan kuota sekitar 1 GB per bulannya, lho!

 

Manfaatkan koneksi WiFi

Berbeda dengan kuota internet pada smartphone, jaringan WiFi menawarkan akses internet unlimited untuk mendukung aktivitas digital pengguna. Nah, koneksi WiFi ini bisa kamu gunakan untuk streaming film dan video, scrolling media sosial, mendengarkan musik, mengunduh aplikasi, mengunggah file, dan sebagainya.

Pastinya, kamu tidak perlu khawatir kuota akan habis karena tidak ada batas penggunaan dalam jaringan WiFi. Jadi, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai cara menghemat kuota internet smartphone.

Tidak hanya di rumah saja, koneksi WiFi juga bisa kamu temukan di kantor dan fasilitas publik. Tetapi, pastikan kamu tidak mengakses informasi sensitif ketika menggunakan jaringan WiFi publik agar terhindar dari peretasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya