SOLOPOS.COM - Ada beberapa aplikasi Android yang bisa menjadikan bar notifikasi terasa lebih menarik dan menyenangkan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —Untuk Anda pengguna smartphone, notifikasi adalah sebuah fitur yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi berupa pembaruan dari berbagai aplikasi yang dimiliki. Misalnya, ketika mendapatkan pesan, atau informasi seputar performa ponsel itu sendiri.

Artikel ini akan mengulas seputar referensi aplikasi notifikasi yang bisa memberikan tambahan informasi untuk Anda, yang ingin sedikit memodifikasiponsel agar lebih keren.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Smartphone merupakan barang elektronik yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mungkin bagi Anda sekarang sudah tak ada lagi hari tanpa smartphone. Saat menggunakan smartphone, tentunya Anda sering mendapatkan notifikasi dari berbagai aplikasi bukan?

Setiap orang punya caranya sendiri dalam menggunakan perangkat. Maka, terdapat fitur aksesibilitas dan produk yang kompatibel dengan berbagai cara yang diinginkan orang untuk menikmati dunia.

“Android dibuat untuk semua orang: developer, desainer, dan pembuat perangkat. Itu berarti akan banyak orang yang dapat bereksperimen, berimajinasi, dan membuat sesuatu yang belum pernah dikenal dunia sebelumnya,” demikian keterangan di situs resmi Android.

Baca Juga: Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

Nah, untuk Anda yang bosan dengan tampilan yang standar dan begitu-begitu saja, di bawah ini ada beberapa aplikasi Android yang bisa menjadikan bar notifikasi terasa lebih menarik dan menyenangkan. Simak ulasannya, dihimpun dari Androidally.com.

1. Material Notification Shade

Rekomendasi aplikasi yang pertama yakni Material Notification Shade. Sebagai catatan, aplikasi ini baru tersedia bagi smartphone yang sudah menggunakan Android 5 ( Lollipop) sampai Android 7.1 ( Nougat). Jadi bagi Anda yang memiliki smartphone dengan Android di bawah versi Lolipop, maka dengan berat hati ANda belum bisa mengakses aplikasi ini.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat mengubah bar notifikasi di smartphone dengan pilihan tema di dalamnya. Selain dapat mengganti tema bar notifikasi, aplikasi ini juga dapat mendukung beberapa fitur seperti quick reply, notification bundling, latar belakang yang adaptif untuk kontrol musik, dan masih banyak lagi. Menarik bukan?

2. Echo

Kemudian, ada Echo. Ini adalah aplikasi notifikasi lockscreen yang sangat cepat dan bagus untuk Anda gunakan dalam menampilkan notifikasi. Aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan serta menampilkan notifikasi yang lengkap.

Dengan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat dan juga mengelola notifikasi langsung dari layar kunci. Sangat sederhana dan mudah.

3. Notification Toggle

Kemudian ada aplikasi Notification Toggle. Aplikasi ini dapat menambahkan baris tambahan secara terus menerus dari toggles ke panel di atas bar notifikasi ponsel Anda.

Di dalam aplikasi ini Anda juga dapat memilih pengaturan mana yang ingin Anda sertakan. Kemudian, Anda dapat menambahkan aplikasi lain jika ingin membayar untuk mendapatkan versi premiumnya. Ikon dan baris notifikasi dari aplikasi Notification Toggles ini juga dapat Anda ubah supaya dapat terlihat secara menyeluruh ketika ada notifikasi masuk.

4. Metro Notifications

Aplikasi Metro Notifications akan menampilkan notifikasi berupa hover pada layar smartphone Anda. Dengan ini Anda bisa mengabaikan notifikasi apapun dengan cara menggeser ke kanan atau ke kiri. Aplikasi ini dapat memungkinkan Anda untuk memilih warna untuk setiap notifikasi, sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengidentifikasi pemberitahuan.

Baca Juga: Cara Naik KRL Commuterline Solo-Jogja Tanpa Kartu, Bayar Pakai GoPay & LinkAja

5. Notin

Berikutnya ada aplikasi yang bernama Notin. Aplikasi satu ini memiliki satu fungsi yang sangat sederhana, yaitu fitur yang memudahkan Anda untuk dapat mencatat di mana saja.

Notin menawarkan space berupa notes pada bar notifikasi Anda, sehingga saat keadaan genting sekalipun Anda bisa langsung mencatat dengan cepat dan tak perlu khawatir akan terlupa.

Notin ini sangat membantu ketika Anda sedang membutuhkan catatan secara tiba-tiba. Namun, perlu Anda ingat, saat menggunakan aplikasi Notin ini, jangan sampai Anda swipe, karena catatan Anda bisa secara otomatis akan hilang jika di swipe.

6. Snowball

Snowball adalah aplikasi notifikasi yang dapat mengatur pemberitahuan penting, seperti email, kalender, catatan dan lainnya. Anda juga bisa memeriksa dan membalas semua notifikasi dari facebook, whatsapp maupun sosial media lainnya secara langsung lewat panel notifikasi. Dengan begitu, Anda tidak harus membuka aplikasi hanya untuk membalas pesan singkat.

7. Quick Settings

Kemudian, ada aplikasi yang dirilis oleh Google, yaitu Quick Settings. Aplikasi ini terus dikembangkan dengan membuka peluang bagi pengembang pihak ketiga.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna agar dapat menyematkan tindakan dari aplikasi ke panel tersebut. Quick Setting ini adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk memperlihatkan tampilan beberapa fungsi dasar dari Android yang lainnya, dan yang tidak disertakan secara default.

8. Floatify – Quick Replies

Berikutnya adalah Floatify, aplikasi yang akan memperlihatkan ANda notifikasi mini head-up kapanpun Anda berada dalam mode layar penuh atau tidak.

Aplikasi ini dapat menggeser panel pemberitahuan baru, kemudian dapat memungkinkan Anda untuk membalas secara instan ataupun hanya sekadar membaca saja dari pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

9. Heads-up Notifications

Terakhir, ada aplikasi Heads-up Notifications yang menghadirkan fitur pemberitahuan berupa pop-up. Dengan begitu, kapanpun pemberitahuan baru yang masuk akan muncul pada layar smartphone Anda.



Aplikasi ini juga punya fitur pendeteksi saku yang sangat unik. Sehingga setiap kali Anda menerima pemberitahuan dan mengeluarkan perangkat dari saku, maka akan secara otomatis menyalakan layar smartphone. Keren sekali bukan?

Keberadaan bar notifikasi akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan smartphone miliknya. Mungkin Anda akan bosan dengan tampilan bar notifikasi yang standar dari bawaan ponsel. Tak ada perubahan dari waktu ke waktu.

Tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi di atas. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Kecelakaan di Jalan Solo-Jogja Delanggu Klaten, Pemotor asal Magetan Meninggal

Kecelakaan di Jalan Solo-Jogja Delanggu Klaten, Pemotor asal Magetan Meninggal
author
Suharsih Selasa, 23 April 2024 - 23:34 WIB
share
SOLOPOS.COM - Polisi mengecek truk yang terlibat kecelakaan di jalan Solo-Jogja, Desa Kepanjen, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (23/4/2024) malam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENKecelakaan lalu lintas muat terjadi di ruas jalan raya Solo-Jogja, Desa Kepanjen, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (23/4/2024) malam. Akibat kejadian itu, seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia dengan luka parah pada bagian kepala.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Kecelakaan melibatkan satu unit sepeda motor matik dan truk Fuso bermuatan keramik. Sepeda motor dikendarai seorang laki-laki warga Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berinisial AAS, 56.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara truk dikemudikan seorang laki-laki warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berinisial S, 36. Lokasi kejadian di ruas jalan raya Solo-Jogja tepatnya di sisi timur SPBU Pakis, Delanggu.

Koran Solopos

Seusai kejadian, pengendara sepeda motor dievakuasi polisi bersama petugas PMI serta sukarelawan ke RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Sementara sopir beserta truk dan sepeda motor dibawa ke Unit Gakkum guna penyelidikan.

Anggota Unit Gakkum Satlantas Polres Klaten, Bripka Suranto, menjelaskan sebelum kejadian kedua kendaraan sama-sama melaju dari arah Solo menuju Klaten.

“Sepeda motor matik berjalan searah di belakangnya [truk]. Penyebab kejadian masih dalam tahap penyelidikan,” kata Bripka Suranto saat ditemui wartawan di Unit Gakkum Satlantas Polres Klaten, Selasa malam.

Emagazine Solopos

Terkait kondisi pengendara sepeda motor, Bripka Suranto menjelaskan saat dicek petugas ke rumah sakit, korban sudah meninggal dunia dengan luka pada bagian kepala serta patah tulang kaki kanan. “Keluarga sudah dihubungi dan sudah berada di rumah sakit,” jelas dia.

Sementara itu, kernet truk berinisial T, 24, menjelaskan truk mengangkut muatan keramik dari Surabaya dengan tujuan Banyumas. “Tidak tahu kejadiannya seperti apa. Tahunya ada pengendara lain yang memberi tahu kemudian truk diberhentikan. Sebelumnya terdengar suara saat truk melaju. Menyangkanya suara kena ranting pohon,” ungkap T.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Prediksi Susunan Pemain Persik Kediri Vs PSS, Misi Sleman Hindari Degradasi

Prediksi Susunan Pemain Persik Kediri Vs PSS, Misi Sleman Hindari Degradasi
author
Abu Nadzib Selasa, 23 April 2024 - 23:16 WIB
share
SOLOPOS.COM - Persik Kediri dan PSS Sleman sama-sama membutuhkan kemenangan demi misi yang berbeda saat keduanya bertemu di Stadion Brawijaya Kediri dalam lanjutan Liga 1 2023, Rabu (24/4/2024). Bagi Persik Kediri tiga poin membuka peluang untuk menuju empat besar klasemen Liga 1 sedangkan PSS Sleman misi lolos dari jeratan degradasi ke Liga 2. (Istimewa)

Solopos.com, KEDIRI — Persik Kediri dan PSS Sleman sama-sama membutuhkan kemenangan demi misi yang berbeda saat keduanya bertemu di Stadion Brawijaya Kediri dalam lanjutan Liga 1 2023, Rabu (24/4/2024).

Bagi Persik Kediri, tiga poin membuka peluang untuk menuju empat besar klasemen Liga 1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara bagi PSS Sleman, kemenangan hal yang wajib demi bisa lolos dari jeratan degradasi ke Liga 2.

Laga ini bisa dipastikan akan berjalan sengit sejak menit awal.

Koran Solopos

Persik Kediri yang sudah terpeleset setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Persita Tangerang, tentu enggan kembali gagal meraih tiga poin.

Apalagi Irfan Bachdim dkk. bermain di hadapan pendukung setianya.

Rekor Macan Putih saat bermain kandang juga cukup apik. Hanya dua tim yang pernah membawa pulang tiga poin dari Stadion Brawijaya, yaitu Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Keduanya terjadi di putaran pertama musim ini.

Melawan PSS Sleman, Marcelo Rospide dalam jumpa pers sebelum pertandingan mengatakan, tiga poin adalah wajib bagi mereka. Apalagi ini adalah laga kandang terakhir bagi Persik Kediri musim ini.

“Ini adalah pertandingan kandang terakhir Persik Kediri musim ini, di laga ini tentu kita ingin mendapatkan hasil yang positif,” ucapnya, Selasa (23/4/2024) di Stadion Brawijaya, Kediri.

Emagazine Solopos

Ia mengeluhkan waktu yang mepet untuk menyiapkan pertandingan ini. Tetapi pelatih asal Brasil ini enggan menjadikan hal tersebut sebagai alasan.

“Waktu yang sangat mepet membuat persiapan tim tidak cukup ideal dan kami hanya fokus di recovery, tapi yang penting pemain sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik dan bawa Persik Kediri ke peringkat yang lebih baik,” ulasnya.

Pelatih PSS Sleman Risto Vidakovic menyatakan kemenangan juga menjadi kewajiban agar selamat dari degradasi.

Mengusung misi mengemas tiga poin, Risto sudah mengarahkan para pemain PSS Sleman untuk bekerja keras sejak menit awal.

“Ini adalah pertandingan yang penting untuk kami. Ini adalah tiga poin yang krusial untuk menjauh dari zona degradasi. Saya pikir tidak banyak pertandingan yang tersisa, hanya dua pertandingan. Poin ini adalah final untuk kami dan semoga kami bisa mendapatkan tiga poin serta dan memainkan pertandingan terakhir dengan sedikit tekanan dan menikmati pertandingan,” ucapnya.

Ia menyebut, para pemain PSS Sleman sangat termotivasi untuk merebut kemenangan. Tetapi ia juga enggan meremehkan Persik Kediri yang punya kualitas merata di semua lini.

“Jadi kami harus termotivasi karena kami berjuang untuk menjauhi degradasi. Jadi itu sangat penting. Para pemain saya pikir di dua pertandingan terakhir bermain sepak bola dan permainan yang bagus. Jika kami melanjutkan permainan seperti ini maka kami akan bisa mendapatkan sesuatu,” tambahnya.

Interaktif Solopos

Perkiraan susunan pemain

Persik Kediri (4-5-1)

Miswar Saputra; Yusuf Meilana, Al Hamra Hehanusa, Vava Mario Yagalo, Simen Lingbo; Irfan Bachdim, Krisna Bayu Otto, Jose Pedro Maglhaes, Renan Silva, Adi Eko Jayanto; Flavio Silva

Pelatih: Marcelo Rospide

PSS Sleman (4-3-3)

M.Ridwan; Ibrahim Sanjaya, Kevin Gomes, Thales Lira, Abduh Lestaluhu; Jonathan Bustos, Jihad Ayoub, Esteban Vizcarra; Elvis Kamsoba, Ajak Riak, Irkham Milla

Pelatih: Risto Vidakovic

Head to head

Liga 1 2021 (3/10/2021): Persik Kediri vs PSS Sleman, 0-0



Liga 1 2021 (2/2/2022): PSS Sleman vs Persik Kediri, 2-3

Liga 1 2022 (23/8/2022): Persik Kediri vs PSS Sleman, 0-2

Liga 1 2022 (9/2/2023): PSS Sleman vs Persik Kediri, 2-1

Liga 1 2023 (21/10/2023): PSS Sleman vs Persik Kediri, 2-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Apa Itu Micro Cheating? Ini Penjelasannya

Apa Itu Micro Cheating? Ini Penjelasannya
author
Astrid Prihatini WD Selasa, 23 April 2024 - 23:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi selingkuh lewat HP. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Istilah micro cheating beberapa waktu lalu dibicarakan warganet, istilah apa itu? Bagaimana mengenali gejalanya?  Untuk menjaga hubungan kamu dan pasangan tetap harmonis, simak ulasannya di tips asmara ini.

Istilah ini dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang itu memiliki gejala selingkuh karena suatu hal.  Istilah ini viral di media sosial Tiktok dan Twitter yang akhirnya membawa pro dan kontra di tengah masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini lantaran istilah ini disebut dimulai dari tindakan seseorang untuk menyukai postingan orang lain. Tanda like di Instagram, misalnya, bisa menjadi pertanda bahwa seseorang itu memiliki ketertarikan kepada orang lain meskipun sudah memiliki pasangan.

Lalu apa itu micro cheating yang termasuk perselingkuhan ini? Psikolog Dr. Barbara Greenberg mengatakan bahwa tindakan kecil yang tidak memenuhi definisi selingkuh bisa disebut sebagai micro cheating.

Koran Solopos

“Perbedaan antara pertemanan dengan micro cheating adalah pertemanan biasanya nggak dirahasiakan. Namun apabila anda berbicara dengan seseorang dan merahasiakan hal itu, itu adalah micro cheating,” ucapnya dikutip dari CBS News dan Bisnis.com pada Selasa (23/4/2024).

Menurut Very Well Mind, micro cheating merupakan perilaku seseorang untuk melakukan sesuatu yang merepresentasikan ketertarikan terhadap orang lain, di luar hubungan yang dijalani saat ini.

Misalnya seseorang tersebut menyukai orang lain di internet, namun ia tidak benar-benar saling berkirim pesan. Tindakan ini bisa jadi tanpa awal micro cheating.  Sedangkan mengutip dari Psychology Today, tindakan tersebut masih bersifat subjektif karena perbedaan pandangan di masyarakat.

Emagazine Solopos

Beberapa contoh tindakan micro cheating yang menjadi pro dan kontra karena sifatnya subjektif adalah sebagai berikut.

Agar semakin tahu apa itu micro cheating, ketahui sejumlah tindakannya:

– Berinteraksi dengan lawan jenis di media sosial.
– Berinteraksi dengan mantan pasangan.
– Tidak menjelaskan kepada seseorang bahwa saat ini tengah menjalin hubungan dengan pasangan.
– Menyukai postingan lawan jenis di media sosial.
– Merasa tertaik dengan seseorang selain pasangan.
– Bergabung dengan situs kencan, dengan alasan tertentu.

Interaktif Solopos

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Apa Itu Micro Cheating? Istilah untuk Gejala Selingkuh di Internet

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories