SOLOPOS.COM - Pengumuman PDAM Solo terkait perbaikan jaringan pipa bocor. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Solo akan memperbaiki kebocoran pipa transmisi di Jalan Solo-Jogja pada jembatan saluran irigasi ruas Sanggung dan ruas Kopassus, Rabu-Kamis (1-2/2/2023).

Perbaikan tersebut akan berdampak kepada terjadinya ganguan aliran air kepada pelanggan air di wilayah selatan dan tengah. Tidak main-main, diperkirakan ada 9.600 pelanggan air yang akan mengalami gangguan aliran air itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelanggan di wilayah selatan yang akan mengalami gangguan aliran air di Kelurahan Pajang, area Makam Haji, Perum Songgolangit, area Cemani/Banaran, dan Kelurahan Tipes. Sehingga mereka diminta menampung air cadangan.

Sedangkan pelanggan di wilayah tengah yang akan mengalami gangguan aliran air di area Klewer, Kopassus, Res Kartasura, Pucangan, area Kartasura, area Gembongan (ex Pabrik BAT), Perum BBWS Gumpang dan area Banaran Pabelan.

Selain itu UMS (Nila Sari dan Nila Graha), Widorosari Mendungan, timur RS Orthopedi, dan Tunggul Sari (Kleco).

“Iya, betul, yang terdampak di wilayah-wilayah tersebut,” ujar Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perumda Toya Wening Solo, Bayu Tunggul Pamilih, Selasa (31/1/2023).

Bayu menjelaskan pekerjaan perbaikan pipa transmisi sebenarnya diprediksi hanya memakan waktu empat jam. Tapi bisa saja pada praktiknya bertambah lama.

Selain itu, dia melanjutkan, setelah perbaikan, kemungkinan aliran air tidak langsung lancar atau kembali normal. “Kan ora koyo listrik, disambung terus murup. Lebih kurang mungkin sampai dua hari dampaknya,” sambung dia.

Bayu mengatakan dalam waktu dua hari itu kemungkinan akan ada tekanan air yang melemah dan di beberapa tempat mungkin tidak mengalir. Tapi Perumda Air Minum Solo siap mengirim air bersih bila ada aliran yang mati 24 jam.

“Bila dalam 24 jam air tidak mengalir, akan kami droping air tangki,” tegas dia. Dengan kondisi itu, Bayu meminta maaf kepada masyarakat atau para pelanggan air Perumda Air Minum Solo. “Mohon maaf atas gangguan ini,” kata dia.

Apalagi berdasarkan prediksi, jumlah pelanggan air yang akan terdampak perbaikan pipa transmisi mencapai 9.600 pelanggan. “Jumlah pelanggan yang akan terdampak kurang lebih 9.600 an, di wilayah selatan dan tengah,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya