SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA–Pemulangan WNI overstayers terus dilakukan pemerintah. Hingga kini sudah lebih dari 1.000 WNI dipulangkan dengan pesawat khusus Garuda. Namun di penampungan Imigrasi Shumaisi masih ada 9.000 WNI lagi.

“Jumlah WNI overstayers yang berada di penampungan Imigrasi Shumaisi sebanyak 9.058 orang yang terdiri dari 6.360 wanita dan anak-anak serta 2.698 laki-laki,” terang Direktur Perlindungan WNI Tatang Razak dalam keterangan pers, seperti dilansir detik.com Sabtu (23/11/2013).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Menurut Tatang, pengurusan proses exit permit terus berjalan. Sementara itu, didapatkan data juga terdapat sekitar 200 WNI overstayers di daerah Matar Qadhim yang pada umumnya datang dari luar kota seperti Madinah dan Mekkah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk para WNI Overstayers yang berkumpul di luar Shumaisi seperti di Matar Qadhim, KJRI bekerjasama dengan tim relawan dari berbagai komponen masyarakat terus memberikan bantuan berupa makanan, minuman, susu, makanan bayi, pampers, dan obat-obatan serta menugaskan 2 orang staf KJRI dan Polri selama 24 jam,” jelas Tatang.

Secara keseluruhan, lanjut Tatang, penanganan WNI Overstayers di Arab Saudi hingga saat ini cukup kondusif dan terkendali.

“Berdasarkan assessment di lapangan, penanganan WNI Overstayers selanjutnya dapat ditangani sepenuhnya oleh seluruh Perwakilan RI di Arab Saudi. Untuk itu, Tim Perbantuan Teknis dari Jakarta akan kembali ke Jakarta hari ini, kecuali beberapa anggota tim perbantuan khususnya untuk pengamanan akan berada di Jeddah hingga akhir bulan November 2013,” tutup Tatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya