89.575 KPM di Wonogiri Peroleh BLT BBM, Penyaluran Rampung Akhir Pekan Ini

Bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan Bantuan Program Sembako atau Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) di Kabupaten Wonogiri sudah mulai disalurkan pekan ini dan ditargetkan selesai, Minggu (18/9/2022).

 Petugas Kantor Pos Wonogiri tengah menyalurkan BLT BBM dan BPNT kepada keluarga penerima manfaat di Kantor Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/9/2022). Jumlah penerima BLT BBM alokasi September-Oktober sebanyak 89.575 KPM. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pos Wonogiri tengah menyalurkan BLT BBM dan BPNT kepada keluarga penerima manfaat di Kantor Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/9/2022). Jumlah penerima BLT BBM alokasi September-Oktober sebanyak 89.575 KPM. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan Bantuan Program Sembako atau Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) di Kabupaten Wonogiri sudah mulai disalurkan pekan ini dan ditargetkan selesai, Minggu (18/9/2022). Jumlah keluarga penerima bantuan sosial tersebut mencapai 89.575 keluarga penerima manfaat (KPM).

Pantauan Solopos.com di Kantor Kecamatan Wonogiri, Rabu (14/9/2022), penyaluran BLT BBM berjalan tertib dan kondusif. Masing-masing KPM dari empat desa di Kecamatan Wonogiri bergantian mengambil BLT BBM sesuai dengan desa masing-masing.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Masing-masing KPM menerima BLT BBM senilai Rp300.000 untuk alokasi September-Oktober 2022 dan BPNT senilai Rp200.000 untuk alokasi September 2022. Sehingga total BLT yang diterima senilai Rp500.000/KPM.

Kepala Kantor Pos Wonogiri, Nur Arif Febriana, mengatakan penerima BLT BBM di Kabupaten Wonogiri sebanyak 89.575 KPM untuk alokasi September-Oktober 2022. Jumlah itu sama dengan penerima BPNT alokasi September 2022

Penyaluran dilaksanakan di kantor kecamatan, kantor desa/kelurahan, atau langsung di rumah penerima bantua. Hal itu tergantung dengan jumlah KPM di daerah tersebut dan kondisi masing-masing penerima. Penyaluran bantuan sosial itu dilangsungkan, Senin-Minggu (12-18/9/2022).

Baca Juga: Pegawai SPBU Wonogiri Catat Pelat Nomor Kendaraan Pengisi BBM Subsidi

“Tidak semua penyaluran BLT dilaksanakan di kantor kecamatan. Ada juga yang di kantor kelurahan/desa, tergantung jumlah KPM di setiap kecamatan. Kalau jumlah KPM di kecamatan itu banyak, bisa disalurkan di kantor kecamatan dan kantor desa/kelurahan. Kami juga mendatangi langsung ke rumah penerima jika kondisi penerima tidak memungkinkan hadir di kantor kecamatan atau desa karena sakit atau sudah sepuh,” jelas Arif saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon WhatsApp (WA), Rabu (14/9/2022).

Pengambilan BLT BBM dan BPNT bisa diwakilkan dengan syarat wakil tersebut masuk dalam daftar nama di kartu keluarga penerima. Wakil penerima harus membawa KTP penerima dan kartu keluarga sebagai bukti. Jika KPM datang sendiri menerima bantuan, cukup membawa KTP

“Sejauh ini sudah ada sekitar 40.000-an KPM yang sudah menerima BLT BBM dan BPNT. Penyaluran berjalan lancar tanpa kendala berarti,” ujar dia.

Kepala Dinas Sosial Wonogiri, Kurnia Listriyani, menyampaikan penyaluran BLT BBM banyak ditempatkan di kantor kecamatan lantaran harus segera selesai. Jika dalam waktu tertentu, BLT BBM belum tersalurkan semua, anggaran BLT tersebut akan ditarik kembali pemerintah pusat.

Baca Juga: Pengendara Mobil di Solo Masih Bisa Beli Pertalite Tanpa MyPertamina

Penyaluran BLT hanya dapat dilakukan Kantor Pos. Penyaluran tidak dapat dialihkan ke lembaga atau instansi lain. Padahal, jumlah sumber daya manusia Kantor Pos terbatas sehingga tidak memungkinkan jika penyaluran dilakukan di setiap kantor desa/kelurahan. Hal itu akan membutuhkan banyak waktu.

“BLT BBM ini akan diterima KPM mulai September-Desember. Setiap bulan mendapat Rp150.000/KPM. Penyaluran dilakukan dua kali, pertama September ini untuk alokasi September-Oktober senilai Rp300.000/KPM bersamaan dengan BPNT alokasi September senilai Rp200.000/KPM. Yang kedua disalurkan pada November mendatang untuk alokasi November-Desember senilai Rp300.000/KPM bersamaan dengan BPNT alokasi November,” terang Kurnia saat ditemui Solopos.com di Kantor Dinsos Wonogiri, Rabu.

Salah satu penerima BLT BBM asal Desa Pokoh Kidul Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Tulus Budianto, mengaku senang mendapatkan BLT BBM dan BPNT. Ia menerima bantuan sosial itu senilai Rp500.000. Menurutnya, uang itu akan dia gunakan memenuhi kebutuhan sehari-sehari.

Nggih seneng. Soalnya ini BBM sudah naik, harga-harga [kebutuhan sehari-hari] juga sudah naik. Alhamdulillah dapat bantuan ini semoga bisa meringankan beban,” ucap Tulus yang berprofesi sebagai petani itu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.

      Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

      Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

      Secuil Cerita dari Mereka yang Memilih Seni Tradisi di Wonogiri

      Agus Subakir, 40, mendirikan Komunitas Janggleng di Desa Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri pada 2009.

      Badan Wakaf Sukoharjo: Yuk, Berwakaf Juga Bisa dengan Uang Tunai

      Badan Wakaf Kabupaten Sukoharjo diminta mulai menyosialisasikan gerakan wakaf tunai.