Kategori: Sragen

89.000 Lansia Sragen Bakal Divaksin, Begini Cara Daftarnya!


Solopos.com/Muh Khodiq Duhri

Solopos.com, SRAGEN -- Sekitar 89.000 lansia dengan usia di atas 60 tahun asal Sragen diprioritaskan untuk divaksin Covid-19. Pemberian vaksin untuk 89.000 lansia itu ditarget kelar pada akhir Juni 2021.

Pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia Sragen itu dimulai pada Jumat (5/3/2021) di Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen. Pada hari pertama, terdapat 142 lansia yang mengikuti vaksin. Sebelum divaksin, mereka terlebih dulu telah mendaftar secara online melalui https://dinkes.sragenkab.go.id/.

“Tiga hari ini pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, dr. Hargiyanto, kepada Solopos.com di lokasi.

Baca Juga: Dok! Moeldoko Ditetapkan Sebagai Ketum Oleh KLB Demokrat di Sumut

Sesuai instruksi dari Kemenkes, kata dr. Hargiyanto, lansia masuk prioritas untuk divaksin Covid-19 setelah tenaga kesehatan (nakes). Bila dulu lansia belum dibolehkan divaksin, lanjut Hargiyanto, sekarang justru diprioritaskan. Pasalnya, tingkat risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan mereka yang lebih muda.

“Banyak lansia yang terkena Covid-19 itu meninggal dunia. Jadi, lansia ini termasuk orang dengan risiko tinggi yang perlu dilindungi. Lansia masuk prioritas divaksin setelah nakes,” papar dr. Hargiyanto.

Hanya lansia yang sudah mendaftar secara online yang akan divaksin. Oleh sebab itu, DKK Sragen meminta warga bisa mendaftarkan lebih dulu nama lansia yang akan divaksin. DKK menargetkan pemberian vaksin untuk sekitar 89.000 lansia selesai pada akhir Juni.

“Nanti pemberian vaksin untuk lansia bertahap. Sebab, turunnya vaksin juga bertahap. Lansia memang menjadi prioritas vaksin. Nanti kami juga akan menyisir yang masih tersisa seperti nakes dengan komorbid, kemudian melanjutkan ASN, TNI, Polri yang belum terpenuhi,” papar Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Begini Cara Mendaftarkan Lansia di Sragen Ikut Vaksin Covid-19 Secara Online:

1. Buka https://dinkes.sragenkab.go.id/
2. Isi formulir di website tersebut. Daftar peserta akan dikirimkan ke Kemenkes.
3. Peserta akan dipanggil untuk mengikuti penyuntikan vaksin
4. Peserta menunjukkan fotokopi e-KTP
5. Membawa surat keterangan domisili di Kabupaten Sragen dari pengurus RT/RW setempat
6. Hadir sesuai jadwal pelaksanaan

Baca Juga: Markas Kodim 0728 Wonogiri Ternyata Bangunan Cagar Budaya, Dulu Pabrik Jamu

Share