SOLOPOS.COM - tertidur

Mekah (Solopos.com) – Sebanyak 178.594 orang atau 88,32 persen jemaah calon haji Indonesia sudah berada di Arab Saudi hingga Jumat pukul 17.25 waktu Arab Saudi (WAS) atau 21.25 WIB, dengan jemaah terbanyak berasal dari embarkasi Surabaya sebanyak 34.784 orang.

LETIH -- Seorang jemaah berusia lanjut tertidur di pelataran Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, seusai menunaikan sholat Jumat, Jumat (28/10/2011). Data dari Kementerian Haji Arab Saudi menyebutkan jumlah jemaah calon haji yang datang ke Mekah dari berbagai negara sampai hari ini mencapai 1,5 juta orang. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Batas akhir kedatangan jamaah atau closing date ke Arab Saudi 31 Oktober, sehingga jumlah jemaah yang akan datang akan terus bertambah sampai tanggal itu,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat, Jumat (28/10/2011). Dikatakan, jumlah jemaah sebanyak itu adalah merupakan haji reguler, sementara haji khusus atau yang dulu disebut ONH plus mencapai 185.178 orang.

Jemaah terbanyak kedua yang sudah berada di Arab Saudi adalah berasal dari embarkasi JKS (Jawa Barat) sebanyak 32.692 oranmg, embarkasi SOC (Solo) 30.295 orang, embarkasi JKG (DKI jakarta) 19.991 orang, serta embarkasi MES (Medan) 8.499 orang.

Dikatakan Arsyad, embarkasi yang paling banyak memberangkatkan kelompok terbang adalah SOC (Solo) sebanyak 81 penerbangan, disusul embarkasi SUB (Surabaya) 78 penerbangan, embarkasi JKJS (Jawa Barat) 73 penerbangan, embarkasi embarkasi JKG (DKI jakarta) 44 penerbangan, serta embarkasi UPG (Makassar) sebanyak 35 penerbangan. “Total penerbangan yang sudah memberangkatkan jamaah haji sudah mencapai 439 penerbangan. Ini penerbangan yang telah membawa jamaah calon haji Indonesia baik yang dilakukan Garuda Indonesia atau Saudi Airlines,” kata Arsyad.

Dia menambahkan pula, jemaah yang wafat hingga saat ini mencapai 74 orang, dengan beragam penyakit yang diderita seperti sakit pernafasan dan jantung. Jumlah jemaah yang wafat sebanyak itu terbanyak berasal dari embarkasi SUB (Surabaya) sebanyak 15 orang, disusul embarkasi SOC (Solo) 12 orang, embarkasi JKS (Jawa Barat) 10 orang, embarkasi (Medan) dan embarkasi JKG (DKI Jakarta) masing-masing 9 orang, serta embarkasi UPG (Makassar) sebanyak tujuh orang.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya