880 Tabung Elpiji di Jateng Tidak Tepat Sasaran

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY) mengamankan 880 tabung liquid petroleum gas (LPG/elpiji) kemasan tabung kapasitas 3 kg. Jumlah tersebut didapatkan dari penyalahgunaan gas elpiji bersubsidi di restoran dan peternakan ayam.

880 Tabung Elpiji di Jateng Tidak Tepat Sasaran

SOLOPOS.COM - Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, memberikan paparan di acara focus group discussion (FGD) yang digelar Forum Wartawan Ekonomi Semarang (Warek) dengan tema Mekanisme Penyaluran LPG 3 kg di Hotel Java Heritage, Purwokerto, Banyumas, Jateng, Jumat (30/8/2019). (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, PURWOKERTO — PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY) mengamankan 880 tabung liquid petroleum gas (LPG/elpiji) kemasan tabung kapasitas 3 kg. Jumlah tersebut didapatkan dari penyalahgunaan gas elpiji bersubsidi di restoran dan peternakan ayam.

Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Andar Titi Lestari, mengatakan bahwa jika tidak dilakukan pengantian maka potensi penyalahgunaan mencapai 9.673 tabung gas elpiji 3 kg. Menyadari hal itu Pertamina pun memberikan kesempatan bagi setiap perusahaan tersebut dapat menukarkan tabung elpiji 3 kg dengan Bright Gas secara gratis.

“Masyarakat mampu dapat menggunakan LPG non subsidi yang saat ini telah tersedia di pasaran, yaitu Bright Gas dengan ukuran 5,5 kg dan 12 kg,” kata Andar dalam kegiatan focus group discussion (FGD) yang digelar oleh Forum Wartawan Ekonomi Semarang (Warek) dengan tema “Mekanisme Penyaluran LPG 3 Kg” di Hotel Java Heritage, Purwokerto Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2019).

Untuk itu, pihaknya mengajak semua stakeholder untuk ikut mengawasi penyaluran LPG bersubsidi tersebut, mengingat sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 26/2009 tentang penyaluran dan pendistribusian elpiji, bahwa fungsi pengawasan Pertamina sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk menyalurkan elpiji bersubsidi adalah mulai dari SPPBE, agen hingga pangkalan. Artinya titik point terakhir pendistribusian adalah di pangkalan tidak sampai di pengecer.

“Kami akan terus berkoordinasi dan bersinergi kepada seluruh stakeholder seperti Disperindag dan rekan-rekan media untuk menyalurkan LPG 3 kg ini agar tepat sasaran. Tentunya kami juga memohon bantuan kepada para stakeholder untuk bersama-sama mengawasi penyaluran LPG 3 kg tersebut sesuai Undang-undang yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng, Mochamad Santoso turut mengajak semua stakeholder ikut aktif mengawasi penyaluran LPG bersubsidi tersebut dan malaporkan apabila terjadi kelangkaan maupun penjualan di atas harga eceran tertinggi yakni Rp15.500/tabung.

“Mari bersama mengawasi LPG bersubsidi ini agar bisa sampai di masyarakat yang memang berhak dan laporkan jika ada pangkalan yang menjual LPG 3 kg tidak sesuai harga yang sudah ditetapkan Pemerintah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mohon Doanya, Suami-Istri Mantan Menkes Ini Positif Covid-19

Dua mantan Menteri Kesehatan, Farid Anfasa Moeloek dan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, tengah berjuang melawan Covid-19 yang mereka derita.

1 Peleton Polisi Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalanan Klaten

Rute penyemprotan disinfektan Jl. Diponegoro-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Jl. Merbabu-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Ki Ageng Gribig dan kembali ke Polres Klaten.

Tragis, Terpeleset Saat Kabur Dari RS Lapangan, Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal di Kolam ikan

Pasien Covid-19 ditemukan meninggal dunia di dasar kolam ikan setelah mencoba kabur dari RS lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Ikatan Cinta 3 Agustus 2021: Diubah Penampilannya, ke Mana Ricky Bawa Elsa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 3 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.

Ada Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, KAI: Hanya Untuk Dosis Kedua

PT KAI memberikan vaksin gratis di Stasiun Solobalapan dan Stasiun Yogyakarta namun untuk penyuntikan dosis kedua.

Lirik Lagu Lintang Sewengi – Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Lintang Sewengi yang dinyanyikan Denny Caknan dan Ndarboy Genk yang dirilis Minggu, 1 Agustus 2021 di Youtube.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Pandemi, Pemohon Perizinan Usaha di Sukoharjo Malah Melonjak Tajam

Kenaikan jumlah pemohon perizinan menandakan respons positif para pelaku usaha Sukoharjo terhadap beragam kemudahan secara online.

RUU PKS Terbentur Pertentangan Ideologi dan Cara Pandang

Panitia Kerja DPR yang membahas RUU PKS berharap pada 18 Agustus 2021 dapat membacakan usulan rancangan undang-undang tersebut.

Ladiid’s Cake and Cookies, Passion Guru Bimbel Sukoharjo yang Jadi Pebisnis Kuliner

Berawal dari coba-coba, Hastari berhasil membangun bisnis kue yang ia beri label Ladiid’s Cake and Cookies.

Masih PPKM Darurat, Begini Politeknik Indonusa Solo Gelar Dies Natalis ke-19

Masyarakat bisa membuat ucapan selamat Dies Natalis ke-19 untuk Politeknik Indonusa Solo kemudian diupload di media sosial.