SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, BANTUL – Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Bantul menggelar Voulantary Counseling and Testing (VCT) atau dikenal Konseling dan Tes Sukarela (KTS) di kawasan prostitusi komplek Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Senin (22/9/2014).

Konseling ini diikuti 80 laki-laki dan dilaksanakan bertepatan dengan tradisi tirakat malam Selasa Kliwon. Pada kesempatan itu, KPA juga membagikan alat kontrasepsi kondom secara gratis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini kegiatan KPA kedua kalinya setelah kegiatan pertama dilakukan beberapa bulan lalu. Kegiatan ini untuk mengetahui perkembangan sejauh mana HIV-AIDS di kawasan rentan,” ujar konselor KPA Bantul, Endah Wahyu Ratnaningsih, Selasa (23/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Endah, pemeriksaan VCT khusus bagi kaum laki-laki. Adapun untuk kaum wanita sepenuhnya sudah dilakukan pengecekan secara rutin oleh Puskesmas Kretek.

Hanya saja, ia tidak membeberkan hasil dari pemeriksaan tersebut. Menurutnya, konselor memiliki kode etik dan hanya berwenang untuk pengecekan, pemantauan dan pelaksanaan program pendampingan.

“Untuk hasil kami serahkan ke Dinkes yang lebih berwenang merilis hasil pemeriksaan,” imbuh Endah. Rencananya kegiatan serupa akan terus dilaksanakan secara bertahap.

Sebelumya, KPA Bantul menggagas program kemitraan dengan pihak penginapan di kawasan obyek wisata Parangtritis dan Parangkusumo adanya wajib kondom bagi setiap pasangan bermalam.

Menurut pemetaan kawasan rentan penyebaran HIV-AIDS, kawasan objek wisata pantai termasuk paling menjadi perhatian serius sasaran kegiatan KPA Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya