SOLOPOS.COM - (Istimewa)

Solopos.com, GRESIK – Sebanyak 16 tim telah mengakhiri perjuangan dan petualangan mereka di babak 16 besar Liga 3 Indonesia musim ini. Sebanyak delapan tim terbaik Liga 3 musim ini dipastikan berhak lolos ke Liga 2 musim depan.

Empat tim dengan status juara grup bakal melaju ke babak semifinal. Sedangkan tim runner up masing-masing grup mendapat satu tiket promosi ke Liga 2. Karo United yang menjadi juara di Grup BB dan Mataram Utama yang menjadi pemimpin klasemen Grup DD berhak melanjutkan petualangan mereka ke babak semi final.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Baca juga: Persipa Naik Kasta, Liga 2 Bakal Sajikan Derbi Pati

Laga pada Minggu (13/3/2022) dibuka dengan kemenangan tipis Karo United atas Persikab Kab Bandung dengan kor 2-1. Dua gol Karo dicetak Muhammad Putra Agung pada menit ke-28 dan ke-45, sedangkan satu gol Persikab dicetak Dwiki Mardiyanto pada menit ke-49.

“Kami apresiasi anak-anak atas perjuangannya, mengejar target untuk Liga 2 sudah berhasil, selanjutnya partai semi final, kemudian final dan menjadi juara,” kata pelatih Karo United, Suharto dalam keterangan resminya, seusai laga.

Baca juga: Bambang Suryo Jadi Tersangka Pengaturan Skor Liga 3 PSSI

Pada pertandingan lain, Mataram Utama menang besar dengann skor 4-1 saat berhadapan dengan Persidago Gorontalo. Martua Sandeni Sidabutar membuka pesta gol Mataram Utama pada menit ke-24, kemudian Aruna Brama Siwi menit ke-33, Lukman Yusuf Rahmawan menit ke-52, dan Harry Kusuma Silaban menit ke-77. Satu gol Persidago dicetak oleh Muh. Triyadi di menit ke-30’.

“Hasil ini tidak lepas dari campur tangan Tuhan, kami semua mengucap syukur Alhamdulillah bisa ke Liga 2. InsyaaAllah kita akan terus memberikan yang terbaik untuk sepak bola Indonesia,” kata Asisten pelatih Mataram Utama, Johan Yoga.

Baca juga: Wasit Liga 3 Bikin Keputusan Kontroversial, Ketum PSSI Marah Besar

Kedua tim itu juga berhak mengantongi tiket untuk berlaga di Liga 2 musim depan. Mereka ditemani Persikab sebagai runner up Grup BB dan Persegres Gresik sebagai perwakilan runner up Grup DD yang sukses menang 3-0 melawan PSGC Ciamis.

Keempatnya, melengkapi slot delapan tim yang lolos ke Liga 2 musim depan, menyusul PSDS Deli Serdang, Putra Jombang, Deltras Sidoarjo dan Persipa Pati yang di satu hari sebelumnya sudah lebih dahulu memastikan diri ke Liga 2. Empat kontestan semifinal Liga 3 yakni PSDS Deli Serdang, Putra Delta Sidoarjo, Karo United, dan Mataram Utama.

Partai semi final Liga 3 putaran Nasional rencananya akan bergulir hari Sabtu (26/3/2022) dan Minggu (27/3/2022). Sementara itu, final akan digelar pada 30 Maret 2022.

MEREKA LOLOS KE LIGA 2 MUSIM DEPAN
1. Karo United
2. Mataram Utama
3. Persegres Gresik
4. Persikab
5. PSD Deli Serdang
6. Putra Jombang
7. Deltras Sidoarjo
8. Peripa Pati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya