SOLOPOS.COM - Kegiatan simulasi bencana (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL–Delapan tahun sejak bencana gempa mengguncang, Bantul baru memiliki 10 desa siaga dan tangguh bencana dari total jumlah desa keseluruhan 75 desa yang ada.

Upaya merintis desa tangguh bencana dilakukan secara terus menerus dan memperhatian banyak faktor kesiapan masing-masing desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengatakan desa tangguh bencana dirintis kerja sama langsung Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB) untuk kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Desa tangguh bencana  menuntut kesadaran masyarakat tentang perilaku menyelamatkan keluarga saat terjadi bencana.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pendampingan secara terus-menerus dilakukan agar desa tangguh atau desa siaga bencana ini berdaya dan menumbuhan kesadaran menghadapi bencana alam,” ujar Dwi di sela-sela menggelar kegiatan refleksi dan doa bersama peringatan delapan tahun gempa bumi 27 Mei 2006 silam di Parasamya Bantul yang dihadiri seluruh SKPD dan perwakilan ormas, Senin (26/5/2014).

Menurut Dwi tidak mudah membentuk desa tangguh karena harus memenuhui persyaratan sebanyak 20 item. Tiga dia di antaranya, desa telah memiliki peraturan desa terkat penanganan bencana, memiliki forum pengurangan risiko bencana, dan telah memetakan serta memiliki jalur evakuasi.

Diakui Dwi tidak bisa instan membentuk desa tangguh karena masyarakat harus terus senantiasa mendapatkan fasilitasi pemberdayaan, simulasi, sosialisasi penanganan bencana hingga diikuti pembentukan relawan desa.

Menurut dia, dua desa tahun ini dirintis sebagai desa tangguh yakni Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro dan Desa Wonolelo Kecamatan Pleret menyusul desa lain di antaranya Poncosari, Gadingsari, Gadungharjo, Tirtohargo, Srigading, Parangtritis.  “Dua lainnya juga di kawasan selatan,”  imbuh Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya