SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendidikan SMA/SMK (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO -- Delapan sekolah Kota Solo yang meliputi satu SMA dan tujuh SMK mengajukan izin menggelar simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jateng, hingga Kamis (5/11/2020) pukul 14.30 WIB, satu SMA dan tujuh SMK itu tidak termasuk SMAN 3 dan SMK Mikael yang sudah lebih dulu menggelar simulasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekolah tersebut adalah SMAN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMK Batik 1, SMK Sahid. Kepala Cabang Disdikbud Wilayah VII Jateng, Suyanta, mengatakan syarat pengajuan sebagai penyelenggara simulasi PTM adalah buku panduan dan video simulasi.

Sweet Seventeen, Sriwijaya Air Beri Promo Harga Tiket Mulai Rp170.000 Semua Rute

“Saat SMAN 3 dan SMK Mikael mulai menjalankan simulasi PTM, kami memberikan kesempatan kepada sekolah lain untuk mengajukan diri dalam kepesertaan simulasi PTM berikutnya. Syaratnya harus sudah punya buku panduan dan video simulasi sekolah masing-masing,” ujarnya, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, SMA dan SMK Solo yang ingin menggelar simulasi PTM dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan prosedur operasi standar (POS) ini sebenarnya cukup banyak. Namun, sebagian dari mereka belum memenuhi dua persyaratan itu dalam pengajuan.

“Yang minat sebenarnya banyak. Tapi mereka kan harus melengkapi buku panduan dan video simulasi. Kami beri waktu pengajuan sampai Kamis pukul 14.30 WIB,” imbuh Suyata.

2 Kubu Cawali-Cawawali Akan Gelar Nonbar Debat Pilkada Solo, Ini Tempatnya

Persiapan SMAN 1 Solo

Selanjutnya, sekolah pengusul tersebut akan diverifikasi oleh tim Cabang Disdikbud dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo. Jika memenuhi syarat, sekolah tersebut dapat ikut simulasi PTM berikutnya.

Sebelumnya, sejumlah kepala SMA dan SMK Kota Solo menyatakan minat mereka menyelenggarakan simulasi PTM. Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengatakan juga sudah bersiap dan mengusulkan simulasi.

“Memang semua sekolah sudah diminta membuat persiapan PTM. Jadi SMAN 1 juga sudah melakukan persiapan itu. Video simulasi PTM sudah kami siapkan, rapat sudah beberapa kali kami lakukan, buku panduan sudah hampir siap,” ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Warga Madiun 2 Pekan Tak Masuk Kerja Ternyata Positif Covid-19, Istrinya Ikut Tertular

Pada sisi lain, Cabang Disdikbud Wilayah VII Jateng juga membawahi Sukoharjo. Ada 10 sekolah dari kabupaten ini yang mengajukan kepesertaan simulasi PTM.

Sekolah-sekolah tersebut adalah SMAN 1 Mojolaban, SMAN 3 Sukoharjo, SMAN 1 Nguter, SMAN Tawangsari, SMKN 1 Sukoharjo, SMKN 4 Sukoharjo, SMKN 5 Sukoharjo, SMKN 6 Sukoharjo, SMK Pembangunan Nasional, dan SMK Veteran 1 Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya