SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos.com) – Tujuh siswa SMA dan satu siswa MA di Kabupaten Sukoharjo tidak lulus ujian nasional tahun ini. Seperti halnya di daerah lain, pengumuman kelulusan SMA/MA/SMK itu dilakukan serentak, Senin (15/5).

Kabid SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri mengatakan tingkat kelulusan untuk SMA mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Untuk tahun ini, 99,79 % dari 3.366 siswa SMA lulus sekolah. Sedangkan tingkat kelulusan untuk siswa MA mencapai 99,76%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk tahun ajaran lalu, kelulusan SMA sebanyak 98%. Jadi, ada kenaikan menjadi 99,79%,“ papar Heri saat dijumpai wartawan, Minggu (15/5).
Sementara untuk tingkat kelulusan siswa SMK bisa dicapai 100%. Perbaikan tingkat kelulusan tersebut, didukung indikator kelulusan yang tidak hanya mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN).

“Kelulusan tahun ini tidak hanya ditentukan hasil nilai UN, tapi juga nilai rapor dan ujian sekolah. Hal itulah yang mungkin menyebabkan adanya kenaikan kelulusan pada tahun ini,” beber Heri. Dia menambahkan, pengumuman kelulusan SMA di seluruh Jawa Tengah sudah disepakati dan akan dilakukan serentak, Senin ini. Kendati, sebagian besar pegawai kantor di beberapa daerah sedang mengambil cuti bersama.

“Tidak ada penundaan. Pengumuman tetap dilakukan sebagaimana jadwal yang sebelumnya ditetapkan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP),” tutur Heri. Dalam pengumuman kelulusan ini, sambung Heri, Disdik juga sudah mengantisipasi agar siswa tidak melakukan perayaan dengan cara konvoi. Sementara bagi siswa yang tidak lulus, dihimbau untuk mengambil kejar paket C. “Pelaksanaan kejar paket C, kemungkinan akan dimulai Juli-Agustus,” pungkas Heri.

hkt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya