SOLOPOS.COM - Cawali-cawawali Pilkada Solo 2020 dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Bukan hanya menyiapkan visi-misi sebagai cawali-cawawali Solo 2020-2025, pasangan Gibran-Teguh juga sudah menyusun delapan program unggulan. Program ini disusun untuk memajukan Kota Solo dan menyejahterakan masyarakat.

Program pertama mereka bangkit dari pandemi Covid-19. Caranya dengan memastikan seluruh program pemerintahan termasuk quick wins pada tahun pertama, untuk pemulihan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat dan kesehatan melalui lima kegiatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima kegiatan itu yakni pendataan dan konsolidasi program bantuan sosial untuk warga miskin dan rentan miskin, baik yang berasal dari Pemkot, Pemprov, dan pusat. Ada juga kegiatan memfasilitasi pelaku UMKM agar mendapat restrukturisasi kedit. Pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 akan diberi sarana usaha.

1 Bakal Calon Kepala Daerah di Jateng Positif Covid-19, Siapa Dia?

Bahan Pokok

Kegiatan ketiga menjamin ketersediaan bahan pokok dengan memastikan terjaganya daya beli masyarakat. Ada juga kegiatan peningkatan program padat karya tunai. Tapi dengan tetap mematuhi protokol pencegah terhadap Covid-19.

Kegiatan terakhir optimalisasi peran pemerintah kelurahan dan puskesmas, serta bekerja sama dengan pengurus RT/RW untuk membentuk kampung siaga Covid-19.

Program unggulan kedua Gibran-Teguh yakni penggalian sumber pendapatan baru daerah dan alokasi anggaran pembangunan yang tepat sasaran dan prioritas melalui lima kegiatan pokok, di antaranya memanfaatkan stimulus dari pusat.

Gibran Bersimpuh di Hadapan Habib Luthfi

Stimulus anggaran itu harus digunakan seoptimal mungkin untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah. Ada juga kegiatan untuk peningkatan kapasitas pelayanan daerah melalui evaluasi sumber-sumber pendapatan pajak dan retribusi daerah.

Kegiatan lain seperti revitalisasi badan usaha milik daerah melalui revaluasi aset dan penggalian usaha baru, pengembangan dan peningkatan investasi daerah, peningkatan efisiensi dan efektivitas penyusunan program berdasar agenda prioritas.

Pendidikan

Program unggulan ketiga Gibran-Teguh di bidang pendidikan dan kesehatan melalui 10 kegiatan prioritas. Seperti dengan penyelenggaraan wajib belajar 12 tahun, pengembangan sarpras pendidikan, pengembangan pendidikan usia dini.

Akses pendidikan dasar dan pemberian beasiswa kuliah kepada anak dari keluarga tidak mampu, pengembangan pendidikan budi pekerti dalam pembinaan akhlak, termasuk etika dan estetika sejak dini (anak-anak) di kalangan para peserta didik.

Pilkada Klaten 2020: Inilah Biodata Sri Mulyani-Yoga Hardaya

Ada juga peningkatan jumlah fasilitas dan jenis layanan kesehatan dan terjangkau secara kualitas, peningkatan kualifikasi dam pengembangan dokter serta tenaga medis yang tersertifikasi, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Program unggulan lain Gibran-Teguh yaitu peningkatan sektor pariwisata dan industri kreatif, pembenahan tata ruang dan infrastruktur, investasi kebudayaan, pembinaan kepemudaan dan kesetaraan gender, serta kerja sama Soloraya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya