SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Makin tambah usia, makin banyak juga kebutuhan seseorang termasuk mahasiswa. Menjadi mahasiswa seseorang dituntut untuk lebih dewasa termasuk dalam mengelola keuangan.

Tak hanya belajar, tak ada salahnya mahasiswa mencari pengalaman salah satunya dengan merintis bisnis sendiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini sangat bagus, sebab berbisnis bukan hanya menambah uang saku, tetapi dapat menjadi modal dan pengalaman mahasiswa yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus kuliah.

Saat ini pun tersedia beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil namun tetap menguntungkan. Bahkan, jika ditelusuri terdapat pula bisnis menguntungkan untuk mahasiswa tanpa modal uang.

Berikut ini sejumlah bisnis menguntungkan bagi mahasiswa seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/9/2022):

Baca Juga: BLT UMKM Cair Per Oktober 2022, Berikut Cara Mengeceknya

1. Menjadi Reseller atau dropshipper

Bisnis menguntungkan untuk mahasiswa yang pertama adalah menjadi reseller dan dropshipper. Bisnis satu ini bisa dilakukan secara online melalui smartphone saja. Tak perlu payah mengeluarkan modal, menjadi reseller dan dropshiper tidak perlu untuk menyediakan barang.

Selama menjadi reseller dan dropshipper, Anda dapat menjual barang atau produk melalui media sosial yang nantinya supplier (penyedia barang) lah yang akan mengirimkan barang tersebut kepada customer (pembeli).

Namun dalam menjalankan bisnis ini, Anda juga harus tekun, tanggung jawab dan dapat mengelolanya dengan baik. Selain itu, harus juga memberikan pelayanan yang baik dan ramah agar customer merasa puas membeli barang dari Anda.

2. Bisnis Penerjemah

Ide bisnis menguntungkan untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi penerjemah. Bagi mahasiswa yang mampu berbahasa asing terutama bahasa Inggri, bisnis ini tentu cocok dijadikan sebagai ladang cuan.

Terlebih bisnis jasa penerjemah ini adalah salah satu bisnis menguntungkan untuk mahasiswa yang juga dapat dilakukan tanpa modal. Ide bisnis ini tidak mengeluarkan modal sama sekali, sehingga cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan lewat berbisnis.

3. Usaha Les atau Bimbingan Belajar

Berikutnya adalah bisnis dengan membuka jasa les-lesan atau bimbingan belajar. Jika Anda unggul dalam mata pelajaran tertentu, Anda dapat mengajar anak SD, SMP, hingga SMA melalui bimbingan belajar.

Selain itu, untuk sesama mahasiswa juga terbuka lebar peluangnya. Anda dapat menjadi tutor untuk mata kuliah tertentu. Bagi mahasiswa yang mahir di bidang non-akademis atau keterampilan lainnya seperti vokal, bermain gitar, berenang, dan sejenisnya. Keahlian tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan dengan membuka kursus di bidang tersebut.

4. Penulis Artikel

Bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa selanjutnya adalah menjadi penulis artikel. Bagi mahasiswa yang mahir dan hobi menulis, mungkin bisnis berikut bisa menjadi salah satu pilihan bisnis tanpa modal uang yang dapat Anda lakukan. Penulis artikel memerlukan skill dalam bidang kepenulisan.

Anda bisa menulis tentang apapun mulai dari artikel bisnis, lifestyle, serta artikel-artikel lain yang bisa Anda posting di beberapa website yang membutuhkan jasa penulisan artikel. Tarif yang ditawarkan pun pastinya cukup beragam.

Baca Juga: Anti Kerja Kantoran, Generasi Zoomer Pilih Jadi Influencer

5. Menjadi Influencer

Berikutnya bisnis yang satu ini mungkin bisa dicoba terlebih bagi Anda mahasiswa yang eksis di sosial media. Belakangan ini menjadi influencer adalah salah satu profesi yang banyak digandrungi oleh sebagian besar orang. Influencer merupakan orang yang memiliki kekuatan serta memberikan pengaruh ke orang lain mengenai suatu hal atau produk tertentu.

Macam-macam influencer di jaman sekarang sangatlah mudah kita jumpai di antaranya bisa Youtuber, selebgram, seleb Tiktok, seleb Twitter, Blogger, dan sebagainya. Dengan bermodalkan rasa percaya diri dan komunikasi di depan kamera, Anda dapat membuat konten-konten menarik dan meraup penghasilan dari sana ataupun mendapat penghasilan dari endorse dan sponsor yang tertarik pada konten Anda.

6. Bisnis Fotografi dan Videografi

Bagi mahasiswa yang ingin mendapat uang sekaligus melakoni hobi, bisnis yang satu ini dapat menjadi pilihan. Menjadi fotografer ataupun videografer kini menjadi peluang usaha yang banyak dibutuhkan.

Misalnya untuk acara-acara resmi seperti pernikahan dan wisuda, maupun untuk kebutuhan bisnis seperti foto produk dan video promosi. Dengan bermodalkan skill, kamera dan laptop untuk editing, Anda dapat meraup keuntungan dari bisnis ini.

7. Bisnis Graphic Design

Salah satu profesi yang kini makin banyak dibutuhkan di zaman sekarang adalah desain grafis. Bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa, terutama yang tertarik dan hobi dan mendesain.

Selain sebagai profesi yang banyak dibutuhkan, graphic designer juga salah satu bisnis yang dapat Anda lakukan di rumah saja. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan bisnis desain grafis adalah membuka jasa untuk mempercantik dan mendesain media sosial, membuat poster, mendesain kemasan produk, bisa juga membuka jasa untuk mendesain CV seseorang atau power point.

8. Bisnis Jual Camilan

Bisnis menguntungkan mahasiswa selanjutnya adalah bisnis berjualan camilan atau makanan ringan. Seperti yang diketahui, bidang kuliner bisa jadi peluang usaha untuk mahasiswa yang punya keterbatasan modal.

Bisnis ini dapat dijalankan terlebih bagi mahasiswa yang tertarik dalam masak memasak. Salah satu produk kuliner yang cocok untuk dijual oleh mahasiswa adalah makanan ringan. Saat ini produk makanan ringan atau camilan diminati oleh banyak orang dan mudah untuk dijual secara online.



Itulah sederet bisnis menguntungkan untuk mahasiswa yang bisa dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya