SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 8 tipe mobil Esemka sudah lolos uji tipe di Kementerian Perhubungan. Tipe tersebut sudah termasuk kendaraan niaga dan penumpang.

Informasi tesebut dikemukakan Direktur Sarana Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah. “Iya, semuanya [delapan tipe Esemka] sudah lolos uji tipe,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Bisnis/JIBI, Senin (15/4/2019).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Adapun delapan kendaraan bensin produksi Esemka yang diageni PT Solo Manufaktur Kreasi yang lolos uji tipe Kemenhub yakni Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Bima 1.0 (4×2) M/T, Bima 1.2 (4×2) M/T, Bima 1.3 M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T, dan Garuda 2.0 (4×4) M/T.

Kendati demikian Sigit belum tahu apakah proses selanjutnya yakni uji sampel sudah dilakukan oleh Esemka. Sebelumnya, muncul kabar bahwa pabrik Esemka di Sambi, Boyolali, sudah mulai berproduksi.

Kabar produksi itu dikonfirmasi oleh Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. Menurutnya, pabrik Esemka di Sambi, Boyolali, sudah memproduksi mobil jenis pikap.

“Perkembangan terkini saya belum melihat, tapi waktu ke sana [September lalu] saya lihat line produksinya itu adalah pembuatan pikap,” kata Putu di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Mobil pikap Esemka yang dinamakan Bima ini bakal mempunyai tiga tipe. “Pilihan mesinnya ada 3, ada yang 1.000 cc, 1.300 cc, dan ada diesel 1.800 cc,” terang Putu.

Pantauan Solopos.com di pabrik yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi itu, Senin, dari kejauhan terlihat sejumlah mobil berjajar rapi di halaman sisi timur. Mobil tersebut berjenis pikap dan terdiri atas dua warna berbeda yakni putih dan abu-abu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya