SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria (JIBI/Harian Jogja/Kabar24)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kabar24)

Meski penampilan biasanya menjadi urusan perempuan, tapi para pria juga harus tahu apa saja kesalahan berbusana yang biasa mereka lakukan saat pergi ke kantor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Sandal

Kadang pria mengartikan gaya kasual di hari Jumat dengan memakai sandal, padahal alas kaki yang satu ini sudah sepantasnya tidak Anda pakai ke kantor. Berbagai jenis sandal, apakah itu sandal jepit, sandal gunung, atau bahkan sandal slip-on sebaiknya dihindari, karena membuat Anda terlihat terlalu santai.

2. T-shirt bergambar

Kaus bergambar atau yang memiliki tulisan juga sebaiknya Anda hindari saat tampil formal ke kantor. Meski Anda bisa tampil lebih kasual di kantor, sebaiknya pilih polo shirt yang terkesan kasual namun tetap terlihat rapi. Kemeja bermotif kotak atau garis juga bisa jadi pilihan tepat untuk penampilan ke kantor yang semi-formal.

3. Celana kargo

Celana jenis ini mungkin terasa nyaman, apalagi dengan banyak kantong di samping celana, Anda merasa bisa menaruh segala macam di dalamnya. Tapi untuk ke kantor, sebaiknya pilih celana yang lebih terkesan formal. Anda bisa memilih celana korduroy, celana khaki, atau bahkan blue jeans berwarna gelap untuk kesan rapi namun tetap kasual.

4. Celana pendek

Walaupun udara sedang panas, tidak ada alasan bagi Anda untuk memakai celana pendek saat pergi ke kantor. Lebih baik simpan celana pendek Anda untuk akhir pekan atau liburan.

5. Topi

Kadang Anda merasa lebih percaya diri jika memakai topi, tapi sebaiknya tinggalkan fashion item yang satu ini jika Anda ingin terlihat formal saat ke kantor.

6. Kaus kaki putih dan celana gantung

Kalau Anda bukan Michael Jackson, maka jangan menggunakan kaus kaki putih yang dipadukan dengan celana hitam menggantung dan sepatu pantofel hitam. Pilih celana yang panjangnya pas hingga telapak kaki, sehingga jika Anda duduk, bagian mata kaki tetap tertutup. Selain itu, jika Anda memakai celana berwarna gelap, pastikan kaus kaki Anda juga berwarna senada.

7. Terlalu ketat atau longgar

Punya badan bagus bukan berarti lantas memamerkan bentuk tubuh dengan kemeja super ketat atau berusaha menutupi perut buncit dengan kemeja longgar. Pilih busana yang sesuai dengan ukuran tubuh, agar penampilan terlihat rapi sekaligus profesional.

8. Warna dan motif

Anda mungkin tipe pria yang senang bereksprerimen dengan memakai kemeja bermotif atau warna-warna terang. Tapi untuk suasana formal, sebaiknya pilih motif klasik, seperti kotak-kotak dan garis. Sedangkan untuk warna, pilih warna-warna netral yang mudah dipadupadankan, misalnya hitam, putih, cokelat, abu-abu, biru, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya