SOLOPOS.COM - Ilustrasi penutupan tempat usaha karena pandemi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, MADIUN — Sebanyak delapan karyawan salah satu bank BUMN di Madiun dan dua anggota keluarga karyawan terpapar Covid-19.

Saat ini, kantor bank pelat merah milik BUMN yang berada di Kota Madiun itu ditutup selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (18-20/1/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan klaster penularan Covid-19 di salah satu bank pelat merah milik BUMN itu terdeteksi setelah satu orang anak karyawan bank tersebut mengeluh batuk-batuk saat dirawat di Rumah Sakit Santa Clara Madiun.

Baca Juga : 11 Hari Jalani Karantina, Ashanty Dinyatakan Negatif Covid-19

Selanjutnya, anak itu diperiksa menggunakan rapid test antigen. Hasilnya menujukkan positif Covid-19.

“Kemudian, dilanjutkan menggunakan PCR dan hasilnya si anak positif Covid-19,” kata dia, Selasa (18/1/2022).

Setelah diketahui positif Covid-19, kata Maidi, bapak dan ibu dari anak tersebut pun dilakukan pemeriksaan PCR. Ternyata hasilnya juga positif.

Baca Juga : Mengenal Layanan PCR O+ yang Mampu Deteksi Probable Omicron

Tracing dilakukan menyasar sejumlah karyawan salah satu bank di Madiun itu. Hasilnya tujuh karyawan terkonfirmasi positif Covid-19.

Karyawan yang terkonfirmasi cukup banyak, kemudian Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melanjutkan tracing menyasar 149 karyawan lain. Pemkot Madiun mengecek dengan pemeriksaan PCR Covid-19.

Maidi menjelaskan akan mengirim sampel swab pasien yang positif Covid-19 tersebut ke Surabaya untuk dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS). Hal ini untuk mengetahui apakah karyawan bank tersebut terpapar Covid-19 varian omicron atau tidak.

Baca Juga : Obat Covid-19 Molnupiravir Segera Diproduksi di Indonesia

“Dibawa ke Surabaya untuk diperiksa di sana. Karena yang punya alat [WGS] di sana,” jelasnya.

Saat ini, sepuluh pasien Covid-19 dari klaster salah satu bank BUMN itu sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya