SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok.SOLOPOS)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Delapan dusun di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul menyatukan kekuatan ingin memekarkan diri menjadi sebuah desa bernama Desa Songbanyu Sektor Selatan.

Ketua Komite Pembentukan Desa Songbanyu Sektor Selatan Sarkam menuturkan dusun-dusun itu meliputi Salam I, Salam II, Bendungan, Gebangsari, Joho, Gesik, Putat dan Selang. Ada beberapa alasan dalam rencana pemekaran tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat serta mengurangi biaya untuk mengurus kepentingan di kantor desa,” tuturnya, Kamis (7/11/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan menjadi desa, menurutnya, maka pemerintah akan semakin cepat meningkatkan kesejahteraan warga delapan dusun. Akses untuk pendidikan pun akan menjadi mudah.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Gunungkidul Siswanto menuturkan masih belum ada regulasi yang mengatur dusun yang ingin memekarkan diri. “Baru akan dibahas dalam raperda,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya