8 Curug Eksotis di Desa Wisata Ketenger Banyumas Suguhkan Keindahan Serupa di Swiss

Desa Wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikelilingi air terjun yang indah dan eksotis.

 Curug Bayan (Instagram/@curug_bayan)

SOLOPOS.COM - Curug Bayan (Instagram/@curug_bayan)

Solopos.com, BANYUMAS – Desa wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memiliki pesona alam menakjubkan seperti di Swiss. Pemandangan asri dengan pepohonan rindang serta aliran sungai yang jernih seakan benar-benar memberikan nuansa keasrian perdesaan Swiss.

Desa wisata semakin indah dengan beberapa air terjun yang mengelilinginya. Ada sekitar delapan curug di sana yang menyuguhkan pemandangan alami dengan kejernihan sumber mata air. Di antaranya Curug Bayan, Curug Jenggala, Curug Kembar, Curug Celiling, Curug Lawet, dan masih banyak lagi.

PromosiDrone Makin Dibutuhkan, Riset dan Inovasi Dalam Negeri Masih Lemah

Baca juga: Parah! Zona Merah Covid-19 di Jateng Bertambah Jadi 8 Kabupaten

Selain pesona alam, Dewa wisata Ketenger memiliki situs bersejarah, seperti Rel Lori. Situs ini merupakan jalur kereta untuk mengangkut hasil hutan pada masa kolonial Belanda.

Desa Wisata Ketenger
Desa Wisata Ketenger (Instagram/@banyumas24jam)

Kemudian ada juga bendungan peninggalan Jepang yang dibangun kembali oleh PLTA setempat dan sekarang menjadi salah satu wisata air.

Desa Wisata Ketenger juga menyuguhkan tontonan keseniah khas daerah Banyumas sebagai sarana hiburan serta edukasi. Salah satu kesenian yang disuguhkan adalah kesenian ebeg atau tari kuda lumping yang merupakan kesenian khas Banyumas.

Baca juga: Soloraya Ikut Bergetar Jika Gempa Megathrust & Tsunami Terjadi di Pesisir Selatan Jawa

Keindahan alam, situs bersejarah, hingga kesenian tradisional dalam satu paket inilah yang menjadi potensi dan keunikan desa wisata ini. Awalnya, desa ini dikelola secara swadaya oleh dua organisasi, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ‘Ketenger Adventure’ dan Pengurus Desa Wisata ‘Gita Gumilang.’ Namun sekarang ini hanya Pokdarwis ‘Ketenger Adventure’ yang aktif mengelola kawasan desa ini.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.

2 Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara Dibekuk di Bekasi

Aparat Polres Jepara berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia di Desa Bandanpete, Kecamatan Nalumsari.

Demak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Selain Semarang, Demak menjadi salah satu daerah pesisir Jawa yang terendam banjir rob sejak awal pekan ini, dimana daerah yang dahulunya kota pelabuhan terkaya di jalur sutra tersebut konon sangat terkenal karena menjadi simpul penting dalam lalu lintas perdagangan di jalur rempah. 

Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Kota Semarang, Cek Yuk!

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilaya zonasi SMA negeri di Kota Semarang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Posko bengkel service gratis yang berlokasi di sebelah Kelurahan Tanjung Emas, membuat warga tak perlu merogok kocek dalam untuk reparasi kerusakan motor akibat banjir rob.

Raih Medali di SEA Games, 2 Mahasiwa Udinus Dapat Uang Pembinaan

Dua mahasiswa Udinus Semarang, Dinda Putri Lestari, dan Reinaldy Atmanegara, sukses meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

3.600 Karung Pasir Disiapkan untuk Tutup Tanggul Jebol di Semarang

Sebanyak 3.600 karung pasir disiapkan untuk menutup lubang tanggul PT Lamicitra Nusantara, Semarang, yang jebol.

Cek Penanganan Banjir Rob di Semarang, Menteri PUPR Instruksikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau langsung penanganan banjir rob di Kota Semarang yang terjadi sejak Senin (23/5/2022).

Salah Sasaran! Incar Babi Hutan, Pemburu di Banjarnegara Tembak Petani

Seorang pemburu babi hutan di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap polisi setelah salah sasaran atau salah tembak petani pencari rumput.