8 Curug Eksotis di Desa Wisata Ketenger Banyumas Suguhkan Keindahan Serupa di Swiss

Desa Wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikelilingi air terjun yang indah dan eksotis.

 Curug Bayan (Instagram/@curug_bayan)

SOLOPOS.COM - Curug Bayan (Instagram/@curug_bayan)

Solopos.com, BANYUMAS – Desa wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memiliki pesona alam menakjubkan seperti di Swiss. Pemandangan asri dengan pepohonan rindang serta aliran sungai yang jernih seakan benar-benar memberikan nuansa keasrian perdesaan Swiss.

Desa wisata semakin indah dengan beberapa air terjun yang mengelilinginya. Ada sekitar delapan curug di sana yang menyuguhkan pemandangan alami dengan kejernihan sumber mata air. Di antaranya Curug Bayan, Curug Jenggala, Curug Kembar, Curug Celiling, Curug Lawet, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Parah! Zona Merah Covid-19 di Jateng Bertambah Jadi 8 Kabupaten

Selain pesona alam, Dewa wisata Ketenger memiliki situs bersejarah, seperti Rel Lori. Situs ini merupakan jalur kereta untuk mengangkut hasil hutan pada masa kolonial Belanda.

Desa Wisata Ketenger
Desa Wisata Ketenger (Instagram/@banyumas24jam)

Kemudian ada juga bendungan peninggalan Jepang yang dibangun kembali oleh PLTA setempat dan sekarang menjadi salah satu wisata air.

Desa Wisata Ketenger juga menyuguhkan tontonan keseniah khas daerah Banyumas sebagai sarana hiburan serta edukasi. Salah satu kesenian yang disuguhkan adalah kesenian ebeg atau tari kuda lumping yang merupakan kesenian khas Banyumas.

Baca juga: Soloraya Ikut Bergetar Jika Gempa Megathrust & Tsunami Terjadi di Pesisir Selatan Jawa

Keindahan alam, situs bersejarah, hingga kesenian tradisional dalam satu paket inilah yang menjadi potensi dan keunikan desa wisata ini. Awalnya, desa ini dikelola secara swadaya oleh dua organisasi, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ‘Ketenger Adventure’ dan Pengurus Desa Wisata ‘Gita Gumilang.’ Namun sekarang ini hanya Pokdarwis ‘Ketenger Adventure’ yang aktif mengelola kawasan desa ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jembatan Tiba-tiba Ambrol, Seorang Ibu Hilang Terbawa Arus

Seorang warga Kebumen, Jawa Tengah hanyut terbawa arus sungai ketika jembatan yang dilewatinya tiba-tiba ambrol.

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.