8 Ciri Sapioseksual, Jatuh Cinta pada Orang Pintar
Ilustrasi pasangan kekasih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda pernah mendengar istilah sapioseksual dalam dunia percintaan? Sederhananya, orang yang mengalami hal ini biasanya hanya tertarik pada orang yang dianggap pintar.

Jadi, sapioseksual bisa diartikan sebagai ketertarikan atau kekaguman seseorang pada orang lain yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Mereka juga cenderung menikmati percakapan atau diskusi yang mengasah otak mungkin saja orang tersebut sapioseksual.

Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020), istilah sapioseksual semakin populer saat sebuah aplikasi kencan daring pada 2014, OkCupid, memperkenalkan berbagai macam pilihan orientasi seksual untuk penggunanya.

Jadi Jutawan, Mbah Minto Klaten Hidup Nyaman

Salah satunya adalah sapioseksual. Aplikasi bernama Sapio (“The Intelligent Dating App”) diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang terangsang secara intelektual.

Kata sapioseksual berasal dari istilah sapiens, yang memiliki arti bijaksana. Jadi, dapat dikatakan bahwa sapioseksual adalah seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap orang lain berdasarkan tingkat kecerdasan dan isi pikirannya.

Meskipun sudah banyak orang yang tertarik pada kecerdasan orang lain sejak lama, tapi Kamus Oxford mencatat kata sapioseksual kali pertama dipakai pada awal abad ke-21.

4 Kata dari Gibran untuk 2 Cucu PB XII  yang Ingin Maju Pilkada Solo 2020

Diana Raab, Ph.D., dalam artikelnya di Psychology Today, orang-orang yang mengaku sebagai sapioseksual percaya bahwa otak manusia merupakan organ seks terbesar. Mereka lebih bergairah dan antusias pada lawan bicara yang punya rasa ingin tahu, berpikir tajam, serta terbuka akan hal-hal baru.

Jadi sapioseksual merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang terangsang secara seksual pada kecerdasan. Dengan kata lain mereka akan tertarik pada orang dengan kecerdasan tinggi dan mengutamakan karakter itu sebagai kriteria untuk memilih pasangan.

Lantas, tahukah Anda bagaimana ciri-ciri seorang sapioseksual? Dikutip dari Detik.com, inilah ciri-ciri sapioseksual:

Memulai Hubungan dengan Persahabatan

Seorang sapioseksual biasanya butuh waktu lama untuk mengenal seseorang sebelum memutuskan berpacaran dengannya. Bahkan terkadang hubungan asmara diawali dulu dengan pertemanan. Sebab dia harus mengenali orang tersebut dengan lebih mendalam dan bukan dari 1-2 kali pertemuan saja.

Pakar percintaan Dr Paras menjelaskan sapioseksual biasanya melihat tingkat inteligensia seseorang melalui obrolan yang lama dan intens. Jadi bukan hanya dari fisik luar dari lebih dalam dari itu.

Demi Bisnis Tokek, Warga Banjarmasin Nekat Gelapkan Mobil Rental

Menghindari Obrolan yang Ringan

Seorang sapioseksual biasanya lebih memilih topik yang berat dan serius untuk dibahas daripada hal-hal receh atau sekadar basa-basi. Sebab mereka akan terangsang dengan pembicaraan yang cerdas.

Jadi jika pasangan Anda terus membuatmu berpikir lebih kritis tentang banyak hal, kemungkinan besar mereka tertarik pada kecerdasan dan wawasan dibandingkan hal untuk bersenang-senang.

Suka Tantangan atau Ditantang

Mereka tidak terlalu peduli dengan penampilan fisik. Hanya kecerdasan yang membuatnya tertarik dan bergairah. Soal penampilan fisik menjadi nomor kesekian baginya.

Pikap Seruduk Truk di Penggung Klaten, Sopir & Penumpang Terluka

Tertarik dengan Kerendahan Hati

Selain fokus dengan kecerdasan pasangannya, seorang sapioseksual juga tertarik dengan kerendahan hati. Secara alami mereka tertarik dengan orang-orang yang memiliki empati, penuh kasih dan memahami orang lain dengan lebih baik karena itu salah satu ciri kecerdasan.

Pintar Berkomunikasi

Seorang sapioseksual mampu menjadi komunikator yang andal. Mereka biasanya menghasilkan jawaban-jawaban cerdas dan percakapan yang menarik dan jelas.

Memuji Kecerdasan

Apakah Anda sering dipuji dalam sebuah proses atau dipuji saat memberikan pengetahuan baru ke pasangan? Jika ya, bisa jadi dia adalah sapioseksual.

Mereka secara alami tertarik pada orang-orang yang menunjukan pemahaman dan kecerdasan yang lebih tinggi. Kalau hal tersebut kerap terjadi pada Anda, berarti pasanganmu ada kecenderungan sapioseksual.

Pelajar Sukoharjo Kesulitan Belajar Online? Tenang, Ada Wifi Gratis di Semua Koramil

Bisa Jadi Teman yang Baik

Mereka dipenuhi motivasi yang dapat membuat Anda maju. Mereka cenderung lebih banyak belajar dalam proses hubungan sehingga tidak ada salahnya untuk menjalani hubungan dengan sapioseksual. Meskipun tidak mudah berada disamping pasangan yang terangsang oleh kecerdasan.

Cenderung Suka Berdebat

Berdebat menjadi hal yang seru dan menarik bagi para sapioseksual. Jika seseorang menantang debat dan mereka menemukan dirinya tertarik untuk menggali semakin dalam lagi. Maka bisa jadi dia punya ketertarikan seks pada orang cerdas, yang tidak ragu menggunakan pengetahuannya untuk menguji orang lain. (Kristina Wulandari/JIBI/Jeda.id)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom