8 Boks PJU di Sumberlawang Dibobol Maling, Dishub Rugi Jutaan Rupiah

Pencuri menggondol sejumlah perangkat dari delapan boks lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Sumberlawang-Purwodadi.

Tri Rahayu - Solopos.com
Kamis, 27 Januari 2022 - 17:46 WIB

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas Dishub Sragen memperbaiki boks PJU di wilayah Kecamatan Sumberlawang, Sragen, belum lama ini.(Istimewa/Dishub Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Delapan boks lampu penerangan jalan (PJU) di sepanjang jalan Solo-Purwodadi, tepatnya dari wilayah Kecamatan Kalijambe sampai Sumberlawang, Sragen, dibobol maling. Mereka mencurri sejumlah perangkat di dalam boks itu yang nilai totalnya mencapai jutaan rupiah.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen telah melaporkan kejadian itu ke Polsek Sumberlawang, Sragen pada 18 Januari lalu.

Pengelola Rekayasa Lalu Lintas Dishub Sragen, Andri Dwi Raharjo, baru mengetahui perangkat lampu PJU itu raib pada 9 Januari 2022 lalu. Saat itu pihaknya memeriksa boks PJU di depan gedung IPHI Sumberlawang. Saat dilihat, ada beberapa perangkat yang hilang.

“Setelah saya cek ternyata di dalam boks PJU lainnya di sepanjang jalan Solo-Purwodadi, dari Kalijambe sampai Sumberlawang, juga ada yang hilang. Ada delapan boks yang saya periksa ternyata perangkat di dalamnya hilang sehingga PJU di sepanjang jalur itu mati. Termasuk PJU yang ada di persimpangan menuju Gunung Kemukus,” kata Andri, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Terpantau Kamera CCTV, Pencuri Kotak Amal Masjid di Sragen Ditangkap

Ia menerangkan di setiap boks PJU itu ada MCB, kontaktor, dan timer. Dia mengatakan komponen-komponen itulah yang diambil pencuri. Andri sempat mengganti komponen dalam boks yang hilang.

“Ternyata saya dapat laporan lagi boks di Sumberlawang itu terbuka lagi dan hendak dicuri lagi. Pencuri ini nekat-nekat. Komponen itu kalau beli harganya Rp450.000-Rp500.000/unit. Kalau bekas jualnya juga susah,” katanya.

Di boks PJU Sumberlawang, tepatnya di Dukuh Clupak, Mojopuro, diketahui tiga unit MCB dan satu unit kontaktor hilang. Di PJU simpang tiga jalan raya Sumberlawang-Gabugan, satu kontaktor dan satu timer hilang. Sementara di boks PJU jalan Geyer-Gemolong, tepatnya di Dukuh Barong, Pendem, Sumberlawang, atau simpang tiga menuju Gunung Kemukus ada empat unit MCB, satu unit kontaktor, dan satu unit timer raib.

Baca Juga: Baru 3,5 Jam Dipasang di Sawah, Mesin Pompa Air di Sragen Raib

“Di Dukuh Soko, Miri, juga empat unit MCB, satu unit kontaktor, dan satu unit timer hilang. Hal serupa juga terjadi di Dukuh Modro, Miri; Dukuh Doyong, Desa Doyong, Miri; Kalijambe; dan di Dukuh Karangwuni, Desa Karangjati, Kalijambe. Kami berharap pelaku segera ditemukan,” jelasnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif