8 Boks PJU di Sumberlawang Dibobol Maling, Dishub Rugi Jutaan Rupiah

Pencuri menggondol sejumlah perangkat dari delapan boks lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Sumberlawang-Purwodadi.

 Sejumlah petugas Dishub Sragen memperbaiki boks PJU di wilayah Kecamatan Sumberlawang, Sragen, belum lama ini.(Istimewa/Dishub Sragen)

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas Dishub Sragen memperbaiki boks PJU di wilayah Kecamatan Sumberlawang, Sragen, belum lama ini.(Istimewa/Dishub Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Delapan boks lampu penerangan jalan (PJU) di sepanjang jalan Solo-Purwodadi, tepatnya dari wilayah Kecamatan Kalijambe sampai Sumberlawang, Sragen, dibobol maling. Mereka mencurri sejumlah perangkat di dalam boks itu yang nilai totalnya mencapai jutaan rupiah.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen telah melaporkan kejadian itu ke Polsek Sumberlawang, Sragen pada 18 Januari lalu.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Pengelola Rekayasa Lalu Lintas Dishub Sragen, Andri Dwi Raharjo, baru mengetahui perangkat lampu PJU itu raib pada 9 Januari 2022 lalu. Saat itu pihaknya memeriksa boks PJU di depan gedung IPHI Sumberlawang. Saat dilihat, ada beberapa perangkat yang hilang.

“Setelah saya cek ternyata di dalam boks PJU lainnya di sepanjang jalan Solo-Purwodadi, dari Kalijambe sampai Sumberlawang, juga ada yang hilang. Ada delapan boks yang saya periksa ternyata perangkat di dalamnya hilang sehingga PJU di sepanjang jalur itu mati. Termasuk PJU yang ada di persimpangan menuju Gunung Kemukus,” kata Andri, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Terpantau Kamera CCTV, Pencuri Kotak Amal Masjid di Sragen Ditangkap

Ia menerangkan di setiap boks PJU itu ada MCB, kontaktor, dan timer. Dia mengatakan komponen-komponen itulah yang diambil pencuri. Andri sempat mengganti komponen dalam boks yang hilang.

“Ternyata saya dapat laporan lagi boks di Sumberlawang itu terbuka lagi dan hendak dicuri lagi. Pencuri ini nekat-nekat. Komponen itu kalau beli harganya Rp450.000-Rp500.000/unit. Kalau bekas jualnya juga susah,” katanya.

Di boks PJU Sumberlawang, tepatnya di Dukuh Clupak, Mojopuro, diketahui tiga unit MCB dan satu unit kontaktor hilang. Di PJU simpang tiga jalan raya Sumberlawang-Gabugan, satu kontaktor dan satu timer hilang. Sementara di boks PJU jalan Geyer-Gemolong, tepatnya di Dukuh Barong, Pendem, Sumberlawang, atau simpang tiga menuju Gunung Kemukus ada empat unit MCB, satu unit kontaktor, dan satu unit timer raib.

Baca Juga: Baru 3,5 Jam Dipasang di Sawah, Mesin Pompa Air di Sragen Raib

“Di Dukuh Soko, Miri, juga empat unit MCB, satu unit kontaktor, dan satu unit timer hilang. Hal serupa juga terjadi di Dukuh Modro, Miri; Dukuh Doyong, Desa Doyong, Miri; Kalijambe; dan di Dukuh Karangwuni, Desa Karangjati, Kalijambe. Kami berharap pelaku segera ditemukan,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.

Inspektorat Temukan Indikasi Penyimpangan Anggaran di BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar menemukan indikasi adanya penyimpangan penggunaan anggaran di BUMDes Berjo, Ngargoyoso. Ada penggunaan anggaran yang tak sesuai perencanaan.

Banyak Pilihan, Inilah Daftar SMK Swasta di Kabupaten Sukoharjo

Inilah daftar sekolah menengah kejuruan atau SMK swasta di Kabupaten Boyolali.

Dugaan Kasus Korupsi, Inspektorat Terjunkan 5 Auditor ke BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar mengerahkan tim auditor untuk mengaudit penggunaan anggaran BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Desa Baturan Colomadu Karanganyar Siap-siap Pilkades PAW, Ini Calonnya

Sebanyak tujuh warga mendaftar sebagai bakal calon kades pada Pilkades PAW Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kambing di Pasar Plembon Klaten Dinyatakan Bebas PMK, Segini Harganya

Sejumlah pedagang kambing di Pasar Plembon, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyebut harga seekor kambing mencapai Rp2 jutaan menjelang Iduladha.

Pemkot Solo Targetkan Nol Kasus Stunting pada 2024, Begini Caranya

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Jawa Tengah menargetkan nol kasus stunting pada 2024.

Putar Film Sejak 1977, Begini Nasib Gedung Bioskop Rama Theatre Solo

Gedung Rama Theatre di Kampung Purbowardayan RT 006/RW 002, Kelurahan Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Kota Solo, menjadi salah satu saksi perjalanan bioskop di Solo sejak tahun 1977.