SOLOPOS.COM - Tim Kolombia menjuarai Grup C setelah mengalahkan Jepang 4-1. (JIBI/Solopos/Antara/Reuters)

Solopos.com, FORTALEZA— Prediksi Brasil vs Kolombia menempatkan Brasil sebagai favorit pemenang dalam laga 8 besar Piala Dunia 2014, Sabtu (8/4/2014) pukul 03.00 WIB nanti.  Kendati demikian sejumlah analis juga ada yang mengunggulkan Kolombia.

Laman Soccerway memfavoritkan Kolombia bakal memenangi laga perempat final Piala Dunia 2014 melawan Brasil di Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, Brasil, Sabtu (5/7) dini hari WIB.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Soccerway.com memprediksi skuat Los Cafeteros, julukan Kolombia, akan mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 sekaligus menghentikan kiprah lawannya yang juga tuan rumah Piala Dunia 2014 itu.

Dalam prediksi lainnya, situs Asian Bookie justru memfavoritkan Brasil akan mengatasi perlawanan Kolombia dengan memberikan voor 1/2.

Persaingan sengit Brasil dan Kolombia di perempat final Piala Dunia 2014 ternyata tak sampai merember keluar lapangan.

Buktinya, kurang dari dua hari jelang pertarungan kedua tim di Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Sabtu (5/7) dini hari WIB, bintang Brasil, Neymar, justru melontarkan pujian kepada bintang tim lawan, James Rodroguez.

Sikap Neymar jelas menimbulkan tanda tanya. Hal itu mengingat keduanya yang tengah terlibat persaingan sengit dalam urusan pundi-pundi gol dan bakal saling berhadapan dengan tim masing-masing di babak delapan besar Piala Dunia tahun ini.

Toh hal itu tidak membuat Neymar kehilangan sikap rasional. Terlepas dari kemungkinan maksud lain dalam pernyataanya terhadap James Rodriguez, bintang Barcelona itu secara mengejutkan justru memberikan ucapan selamat kepada rivalnya sang juru gedor Kolombia.

“James Rodriguez adalah pemain hebat dan saya ingin mengatakan betapa berbakatnya dia. Dengan usianya yang baru 22 tahun, dia telah menunjukkan kepada kita dirinya benar-benar seorang pemain yang bagus. Saya harus memberikan selamat kepadanya,” ujar Neymar dilansir  Soccerway, Kamis (3/7).

“Namun saya berharap tren kemenangan dirinya bersama Kolombia akan berhenti sekarang dan Brasil yang akan melaju [ke semifinal]. Tentu saja saya mengungkapkan itu semua dengan penuh rasa hormat,” lanjutnya.

James Rodriguez menjadi kunci penampilan impresif timnya sejauh ini dengan telah menyumbangkan lima gol dalam empat pertandingan. Di sisi lain, Neymar telah menyumbangkan empat gol dalam empat laga atau hanya tertinggal satu gol dibandingkan rivalnya.

Brasil melaju ke perempat final Piala Dunia 2014 setelah dengan susah payak mendepak Chile melalui drama adu penalti di babak 16 besar. Sementara itu, Kolombia sukses menggenggam satu tiket di fase delapan besar setelah menyingkirkan Uruguay di putaran kedua dengan kemenangan 2-0.

Poin sempurna di fase grup dan hasil meyakinkan di babak knockout membuat Kolombia bakal benar-benar diwaspadai Brasil dalam pertemuan keduanya, Sabtu dini hari WIB.

Komentar Pelatih
Brasil memang masih menghidupkan peluangnya merebut gelar juara dunia kali keenamnya. Namun, performa yang ditunjukkan Selecao, julukan Brasil, masih jauh dari ekspektasi dan harapan seluruh pendukungnya.

Hal ini diungkapkan eks pelatih dan kapten Brasil, Carlos Dunga. Pemain yang turut berjasa mempersembahkan trofi Piala Dunia 1994 itu mengaku pasukan Luis Felipe Scolari tersebut belum menunjukkan performa terbaiknya selama Brasil 2014 ini.

“Brasil menang dan berhasil sampai di perempat final, itu salah satu yang terpenting,” ujar Dunga kepada Marca, Kamis (3/7).

“Namun, benar bahwa kinerja mereka belum konsisten dan kami belum melihat Brasil seperti yang kami kenal.”

Kendati mencibir performa Brasil, Dunga mengaku terkesan dengan penampilan salah satu bintangnya, Neymar, yang sejauh ini telah mencetak empat gol.

Eks pemain Fiorentina ini yakin Neymar akan diberikan kebebasan oleh Scolari yang membuatnya akan tampil lebih maksimal dalam mengeluarkan kreativitasnya.

“Neymar sangatlah penting bagi Brasil. Dia sangat fokus, bermain bagus dan mencetak gol,” imbuh Dunga.

“Sangat penting bagi pemain di tingkatannya, tak hanya bermain bagus dan menciptakan peluang, tapi juga melakukan aksi pamungkas dan menciptakan gol, yang membuat perbedaan.”

Dunga juga menilai penampilan Neymar di Brasil berbeda dengan saat dirinya membela Barcelona. Ia menilai penampilan Neymar di Brasil lebih baik karena ia bisa bebas mengekspresikan kemampuannya.

“Ada perbedaan besar antara Neymar di Brasil dan Barca. Cara Neymar adalah menggiring bola dan masuk serta menyerang. Sementara di Barca, ia lebih banyak memainkan one touch football,” beber Dunga.

“Jadi Neymar di Barcelona, bermain seperti pemain lainnya. Ketika dia datang ke tim nasional, Neymar memiliki kebebasan dan melepaskan kreativitas yang dimiliknya.”



BRASIL VS KOLOMBIA

Sabtu (5/7) pukul 03.00 WIB
Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Brasil

Head to Head
Brasil 15
Kolombia 2
Seri 8

Pertemuan Terbaru
2012    Brasil   1-1       Kolombia
2010    Brasil   0-0       Kolombia

Prediksi Line Up
Brasil (4-2-3-1)
Cesar;
Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo;
Paulinho, Fernandinho;
Hulk, Oscar, Neymar;
Fred
Pelatih: Luiz Felipe Scolari
Cadangan: Jo, Ramires, Willian, Jefferson, Dante, Maxwell, Henrique, Hernanes, Bernhard, Victor, Maicon.

Kolombia (4-4-2)
Ospina;
Zuniga, Zapata, Yepes, Armero;
Cuadrado, Sanchez, Aguilar, James Rodriguez;
Jackson Martinez, Gutierrez
Pelatih: Jose Pekerman
Cadangan: Mejia, Guarin, Adrian Ramos, Arias, Carbonero, Vargas, Eder Alvarez, Bacca, Quintero, Mondragon, Carlos Valdes

Info Skuat
Brasil
–          Neymar diharapkan sudah kembali pulih total dari cedera paha yang dialaminya dan siap bermain melawan Kolombia.
–          Luiz Gustavo mendapatkan sanksi suspensi dan tidak akan memperkuat Brasil.
–          Luiz Felipe Scolari diprediksi akan menurunkan Paulinho sejak awal berdampingan dengan Fernandinho di lini tengah.

Kolombia
–          Kolombia siap tampil dengan seluruh kekuatan terbaiknya melawan Brasil.
–          Jose Pekerman diprediksi akan menurunkan daftar pemain yang sama ketika meladeni Uruguay di babak 16 besar.
–          Victor Ibarbo dan Adrian Ramos harus akan kembali dicadangkan sebagai konsekuensinya.

Dalam Angka
4 – Brasil selalu bermain imbang melawan Kolombia dalam empat pertemuan terakhir di semua kompetisi.
5 – Kolombia selalu menang dalam lima pertandingan terakhirnya di ajang Piala Dunia.
20 – Brasil tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan terakhirnya di ajang Piala Dunia.
6 – Kolombia mencetak minimal dua gol dalam enam pertandingan terakhirnya di ajang Piala Dunia.
7 – Tujuh dari delapan pertandingan terakhir Brasil melawan Kolombia selalu melahirkan lebih dari 2,5 gol secara rata-rata. (Sumber: Whoscored, Graphicsnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya