SOLOPOS.COM - Kuis Tebak Skor Piala Dunia Brasil 2014 antara Belanda vs Kosta Rika

Solopos.com, RIO DE JANEIRO—Prediksi Belanda vs Kosta Rika memfavoritkan De Oranje—julukan Belanda—unggul selisih 2 gol dibanding Kosta Rika dalam laga 8 besar Piala Dunia 2014, Minggu (6/7/2014) pukul 03.00 WIB.

Laman Soccerway memfavoritkan Belanda bakal memenangi laga perempat final Piala Dunia 2014 melawan Kosta Rika di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Minggu (6/7) dini hari WIB. Soccerway.com bahkan memprediksi skuat De Oranje, julukan Belanda, akan mampu meraih kemenangan dengan selisih dua gol atas tim Amerika Tengan itu.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Dalam prediksi lainnya, situs Asian Bookie juga memfavoritkan Belanda akan mengatasi perlawanan Kosta Rika dengan memberikan voor 1.

Belanda barangkali hanya tahu satu hal tentang Kosta Rika, tim yang paling mengejutkan di ajang Piala Dunia 2014.

Belanda dan Kosta Rika bakal melakoni duel perebutan tiket lolos ke semifinal di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Minggu (6/7) dini hari WIB.

De Oranje, julukan Belanda, bisa jadi tidak sadar jika pelatih Kosta Rika, Jorge Pinto, adalah penganut strategi total football yang digalinya dari seorang manajer asal Negeri Kincir Angin pada awal 1980-an silam.

Saat itu, Pinto yang dikenal sebagai petualang sejati belajar di University of Cologne, Jerman. Pada waktu yang bersamaan, pria berkebangsaan Kolombia itu menimba ilmu kepada Rinus Michels, seorang juru taktik asal Belanda yang menukangi tim Bundesliga.

“Pada tahun-tahun itu saya menghabiskan waktu untuk melihatnya [Rinus Michels] melatih dan berbicara kepadanya,” ujar Pinto dilansir sports. yahoo.com, Jumat (4/7).

“Saat tidak sedang kuliah, saya menyaksikan sesi latihan di klub. Saya melihat banyak hal dan belajar darinya,” lanjut manajer berusia 61 tahun itu terkait kenangan dirinya dengan Michels.

Legenda Belanda

Michels sendiri merupakan sosok pelatih legendaris bagi Belanda. Di bawah kendalinya, skuat De Oranje sukses merengkuh satu-satunya gelar di ajang merengkuh satu-satunya gelar juara Euro pada 1988 silam.

Manajer yang sama menjadi pencetus total football yang memungkinkan seorang pemain berganti peran dan posisi tergantung situasi di lapangan.

Namun kali ini, Pinto justru bakal menggunakan kepiawaiannya untuk mengganjal langkah Belanda di Piala Dunia 2014. Tim berjuluk Los Ticos itu sukses menembus babak delapan untuk kali pertama dalam sejarah dan mengusung misi melanjutkan prestasi emasnya dengan melenggang ke semifinal.

Obsesi Pinto itu bisa jadi bukan angan-angan kosong. Terlepas dari kekuatan dan kualitas lawannya di babak delapan besar itu, Kosta Rika memiliki Bryan Ruiz yang mengenal dengan baik gaya sepak bola Belanda beserta total football-nya.

Ruiz meraih sukses dengan klub liga lokal Belanda, FC Twente, sebelum dirinya menyeberang ke klub Inggris, Fulham, dan kini merumput dengan PSV Eindhoven. Di klub terakhirnya, penyerang 28 tahun itu adalah rekan satu tim duo bintang Belanda, Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay.

“Pinto bertanya tentang hal itu [para pemain Belanda] dan saya memberikan sedikit analisis sesuai yang aku ketahui,” ujar Ruiz.

“Saya tidak menghubungi Memphis Depay atau Georginio Wijnaldum [selama Piala Dunia 2014]. Namun, tentu saja kami akan saling bertegur sapa di lapangan,” lanjutnya.

Selain Ruiz, Kosta Rika memiliki sosok penyerang berkecepatan tinggi seperti Joel Campbell. Dua bintang berbahaya itu menjadi pahlawan kemenangan Los Ticos di dua laga krusial melawan Uruguay dan Italia di penyisihan Grup D.

Di sisi lain, Belanda justru menyambut laga krusial kontra Kosta Rika dengan kabar buruk dari salah satu pilarnya, Nigel de Jong. Bintang AC Milan itu mengalami cedera otot paha dan dilaporkan tidak akan tampil di sisa laga Piala Dunia 2014. Kabar negatif lainnya, Leroy Fer belum sepenuhnya pulih dari cedera hamstring yang membuatnya diragukan bisa bermain, akhir pekan ini.

Belanda memastikan satu tempat di fase perempat final berkat kemenangan 2-1 atas Meksiko di babak 16 besar. Wesley Sneijder dan Klaas-Jan Huntelaar tampil sebagai pahlawan kemenangan De Oranje dengan gol-gol yang disumbangkan keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya