SOLOPOS.COM - Timnas Argentina (Ist/bbc.co.uk)

Solopos.com, BRASILIA– Prediksi Argentina vs Belanda oleh beberapa analis menempatkan Argentina menang dalam laga 8 besar Piala Dunia 2014, Sabtu (5/7/2014) pukul 23.00 WIB nanti. (Baca juga: Prediksi Argentina Vs Belgia, Menang 2-1?)

Pemain bintang selalu menjadi pusat permainan tim sekaligus perhatian lawan. Ini pula yang dialami Argentina bersama bintang mereka Lionel Messi di Piala Dunia 2014.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Messi menjadi pemeran utama dalam perjalanan Argentina menuju perempat final turnamen kali ini. Sebelumnya, pemain berjuluk La Pulga (Si Kutu) ini mendapatkan kritikan karena melempem saat bermain bersama tim nasionalnya di Piala Dunia.

Kemoncerannya mengemas gol bersama klubnya Barcelona tidak ditransormasikan ke dalam performanya bersama Albiceleste, julukan Argentina.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun di Piala Dunia kali ini, Messi menjawab kritikan itu. Dari tujuh gol yang diciptakan Argentina dalam empat pertandingan, empat di antaranya disumbang Messi. Dia juga menjadi inspirator gol Angel Di Maria yang memberi Albiceleste kemenangan 1-0 atas Swiss pada menit ke-118 di fase 16 besar.

Ketergantungan terhadap Messi begitu kentara dan terus meningkat seiring dengan melajunya Argentina ke perempat final. Ketergantungan ini diakui bek Argentina, Pablo Zabaleta. Dia bahkan mengatakan para pemain Argentina bermain untuk Messi.

“Setiap kali kami mendapatkan kembali bola kami berusaha mengumpan kepada dia [Messi] sebagai pemain terbaik di tim dan dia akan mengemas gol. Kami tahu dia pemain utama kami, kapten kami, pemain terbaik dunia,” ujar Zabaleta dilansir Googlenews, Jumat (4/7).

“Tim ini bermain untuk dia karena kami tahu betapa pentingnya Messi bagi tim ini. Kami sangat beruntung memiliki Messi di Argentina,” sambung bek berusia 29 tahun itu. Ketergantungan terhadap Messi terlihat di setiap pertandingan yang telah dijalani Argentina di Brasil.

Untungnya Messi mampu mengatasi ketergantungan itu bukan sebagai beban. Terbukti dia tetap menjadi penentu pertandingan. La Pulga selalu menjadi pemain terbaik dalam empat laga yang telah dijalani Tim Tango, julukan lain Argentina. “Inilah yang kami harapkan dari dia, pemain terbaik di dunia selalu akan membuat perbedaan di setiap pertandingan,” kata Zabaleta.

Messi Banget

Ketergantungan terhadap Messi ini memunculkan berbagai kritikan. Argentina dianggap masih bermain di bawah performa mereka. Namun Messi tentunya tak bekerja sendirian. Barisan tengah Albiceleste juga aktif mengumpan. Mereka berada di urutan kedua sebagai tim yang paling banyak melakukan umpan dengan total 2.650 umpan di mana umpan terselesaikan mencapai 80 persen.

Pasukan besutan Alejandro Sabella ini juga menjadi tim yang paling menyerang dengan catatan serangan sebanyak 248 kali dalam empat pertandingan di Brasil. Serangan terbanyak dari sisi kanan sebanyak 106 kali, serangan dari kiri 94 kali dan serangan dari tengah 48 kali. Pertahanan Argentina juga cukup solid dengan hanya kebobolan tiga gol sejauh ini.

Argentina Vs Belgia
Live ANTV/TVONE, Sabtu (5/7) Pukul 23.00 WIB
Estadio Nacional de Brasilia
Wasit : Nicola Rizzoli (Italia)

Argentina (4-2-3-1) Pelatih : Alejandro Sabella
Romero
Zabaleta, Garay, Fernandez, Basanta
Gago, Mascherano
Lavezzi, Messi, Di Maria
Higuain
Cadangan: Palacio, Basanta, Biglia, Campagnaro, Perez, Rodriguez, Orion, Fernandez, Demichelis, Alvarez, Aguero, Andujar
Out: Marcos Rojo (sanksi)

Belgia (4-2-3-1) Pelatih : Marc Wilmots
Courtois
Alderweireld, Van Buyten, Kompany, Vertonghen
Dembele, Witsel
Mirallas, De Bruyne, Hazard
Lukaku
Cadangan: Origi, Fellaini , Mertens,  Chadli, Vermaelen, Mignolet, Bossut, Lombaerts, Januzaj, Vanden Borre, Ciman
Out: Borre (cedera)

Pertemuan Sebelumnya
26/06/1986         Piala Dunia          Argentina            2 – 0      Belgia
13/06/1982         Piala Dunia          Argentina            0 – 1      Belgia (hkt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya