SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Sebanyak 78 wayang Paku Buwono X koleksi Museum Radya Pustaka Solo, Selasa (10/5) dibawa ke museum Kraton Kasunanan Surakarta, untuk dilakukan pencocokan dengan koleksi serupa di museum tersebut. Upaya ini merupakan rangkaian proses identifikasi dan inventarisasi, koleksi museum Radya Pustaka. Salah satu anggota tim inventarisasi atau tim 5 Trisno Santosa mengungkapkan, proses pencocokan akan dilakukan secara bertahap selama 7 hari mendatang, di museum Kraton Surakarta. Menurut Trisno, banyaknya pembuatan wayang Kraton di era PB X, kemungkinan akan mempersulit proses pencocokan, karena setiap pembuat memiliki ciri tersendiri. Trisno menjelaskan, dari 400 koleksi wayang yang ada di museum Radya Pustaka, hanya 78 wayang yang tercatat sebagai wayang PB X, sedangkan sisanya belum jelas masa pembuatannya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama ketua Tim 5 Bambang Irawan-menambahkan, proses ini telah seijin Walikota Solo, melalui  surat resmi. Melalui proses ini, diharapkan keaslian wayang PB X dapat dibuktikan, untuk selanjutnya dilaporkan secara formal kepada Walikota Solo.[SPFM/lia]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya