SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG -– Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, telah menyiapkan tim untuk melakukan rescue atas meledaknya kasus Covid-19 di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Hal ini menyusul adanya 77 tenaga kesehatan atau nakes yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

“Nanti kami bantu me-rescue. Kami sudah siapkan tim,” ujar Ganjar di kediamannya, Puri Gedeh, Selasa (8/9/2020).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Meledaknya kasus Covid-19 di tempat pelayanan kesehatan, lanjut Ganjar sudah diantisipasi sejak lama. Bahkan, dirinya sudah membuat tim pendamping yang bertugas mengevaluasi dan me-review tempat pelayanan kesehatan.

14 Poliklinik RSUD Sragen Ditutup Total, Pelayanan Rawat Jalan Terhenti

"Tapi ini butuh kerja sama dari semuanya. Maka kita harus betul-betul menjaga ini dengan baik. Saya minta di kantor-kantor, khususnya tempat kesehatan, tolong di-review, tolong disiapkan dengan matang dan SOP yang sangat ketat agar ini tidak terjadi lagi," tegasnya.

Pertahanan Terakhir

Apabila memang ada yang belum siap atau belum lengkap dari sisi sarana prasarana, Ganjar meminta untuk diberitahu. Sebab kalau tidak, akan sangat berbahaya jika sampai kasus tersebut terulang.

1 Bakal Calon Kepala Daerah di Jateng Positif Covid-19, Siapa Dia?

"Kalau outbreak itu terjadi di rumah sakit atau layanan kesehatan, dan yang terkena adalah tenaga kesehatannya atau nakes, kan berbahaya. Ini yang kita takutkan betul, karena mereka ini benteng pertahanan terakhir,” ujarnya.

Terkait penutupan poliklinik di RSUD Sragen akibat kasus nakes positif Covid-19, Ganjar mengatakan akan mencarikan solusinya. Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat harus tetap disediakan.

4 Kendaraan Kecelakaan Parah di Tol Solo-Boyolali, Satu Mobil Terbakar

"Bisa saja nanti dialihkan yang terdekat, tapi akan kami coba rescue dan bantu. Apakah dialihkan atau tetap di sana dengan melakukan pembersihan dan pergantian SDM [nakes]? Yang jelas ini mesti dibantu agar berjalan baik,” tutur Ganjar.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, ada 77 nakes di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen yang dinyatakan positif Covid-19. Akibat kejadian itu, pihak rumah sakit memutuskan menutup 14 poliklinik yang ada hingga hasil swab test seluruh pegawai keluar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya