SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KUDUS — Sesi Kualifikasi atau seeding run kejuaran downhill  76 Indonesian Downhill 2019 Seri 3 digelar di Ternadi Bike Park, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2019). Lomba bersepeda turun gunung itu dijadwalkan digelar, Minggu (13/10/2019) ini.

Pembalap downhill nasional Khoiful Mukhib yang meraih medali emas pada Asian Games 2018, dipublikasikan Kantor Berita Antara, berada pada urutan kedua sesi kualifikasi kelas Men Elite dengan catatan waktu 3 menit 27,237 detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Catatan waktu pembalap asal Jepara tersebut masih kalah dengan Pahraz Salman Alparisi yang meraih catatan terbaik di kelas Men Elite dengan waktu 3 menit 23,836 detik. Sementara Popo Ariyo Sejati melengkapi tiga teratas seeding run dengan torehan waktu 3 menit 27,489 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

"Babak kualifikasi atau seeding run hari ini berjalan cukup lancar. Peraih catatan waktu terbaik akan memulai balapan dari urutan belakang," kata Direktur Indonesian Downhill Parama Nugroho ditemui seusai menyaksikan sesi kualifikasi Kejuaraan Indonesian Downhill 2019 Seri 3  itu.

Ia mengungkapkan keuntungan memulai dari urutan belakang tentunya sangat banyak. Posisi itu membuat pembalap mengetahui minimal tiga peserta sebelumnya berapa catatan waktunya.

Persaingannya, lanjut dia, diperkirakan akan cukup ketat karena di kelas Men Elite ada yang juara Asian Games 2018, sehingga persaingannya sangat ketat. Terkait dengan karakter trek balapan di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu, lebih panjang dibandingkan dengan trek di seri sebelumnya.

"Karakter treknya juga cukup laju. Ada rock garden yang cukup panjang dan level kejuaraannya sama dengan yang di Bromo masuk dalam kalender UCI [Union Cycliste Internationale] kategori C1," ujarnya.

Dengan kategori C1, kata dia, poinnya cukup tinggi sehingga rider yang berlomba di Ternadi akan mendapat poin 60. "Poin tersebut satu level di bawah continental, dengan poin tersebut atlet Tanah Air memiliki peringkat dunia lebih baik," ujarnya.

Di lintasan sepanjang 2,3 km, catatan waktu terbaik wanita pembalap downhill diraih Tiara Andini Prastika yang turun di kelas Women Elite dengan catatan 4 menit 00,587 detik. Sementara itu, peraih medali emas di Asian Games 2018, Ayu Triya Andriana, juga harus puas di posisi kedua dengan catatan waktunya 4 menit 24,743 detik, sedangkan peringkat ketiga yakni Nia Vanessa dengan catatan waktu 4 menit 30,701 detik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya