75 negara adopsi deklarasi kelautan

MANADO: Deklarasi Kelautan Manado (Manado Ocean Declaration/MOD) yang disepakati dalam konferensi kelautan dunia (World Ocean Conference/WOC) di Manado, Kamis (14/5), diadopsi 75 negara yang mengirimkan delegasi ke konferensi laut pertama di dunia itu.

Negara yang mengadopsi deklarasi itu antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Somalia, Suriname, Pakistan, Grenada, Amerika Serikat, Republik Korea, Perancis, India, Cina, Kamboja, Angola, Filipina dan Namibia.

Ketua Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Official Meeting/SOM) WOC Eddy Pratomo mengatakan kesepakatan dalam deklarasi ini selanjutnya diharapkan bisa mempengaruhi pembahasan global mengenai perubahan iklim, dan menjadikan dimensi laut sebagai arus utama di dalamnya.

Menurut anggota delegasi dari Cina Shang Zhen, deklarasi tersebut harus diikuti dengan lebih banyak kerja sama riset ilmiah untuk merumuskan strategi adaptasi yang tepat dalam rangka mengurangi dampak perubahan iklim terhadap laut dan sebaliknya.

Ia mengatakan implementasi deklarasi ini masih bergantung pada pertemuan para pihak dalam "United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC" di Kopenhagen, Denmark, Desember mendatang. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom