SOLOPOS.COM - Ilustrasi keramaian malam Tahun Baru. (JIBI/Solopos/Dok.)

Perayaan pergantian tahun di Solo akan diramaikan pemukulan puluhan gong.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menggelar car free night (CFN) saat pergantian malam tahun 2017 ke 2018 di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, 31 Desember mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima panggung hiburan disiapkan di sepanjang CFN dari simpang Purwosari sampai Bundaran Gladak. Yang berbeda pada pergantian tahun ini adalah puluhan gong akan ditabuh secara serentak tepat pukul 00.00 WIB.

“Tidak ada pesta kembang api atau petasan. Nanti gantinya akan menabuh gong,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo Basuki Anggoro Hexa dalam jumpa pers di Balai Kota, Rabu (13/12/2017).

Hexa mengatakan sedikitnya 75 gong akan disusun berjejer di sepanjang Jl. Slamet Riyadi saat CFN, Minggu (31/12/2017) malam. Gong tersebut sebagai pengganti petasan dan kembang api yang identik pada pesta perayaan malam pergantian tahun.

Menurut Hexa, penggunaan gong sekaligus sejalan dengan karakter Kota Bengawan yang kental dengan nuansa budaya. “Gong ini sesuai dengan masukan dari Pak Wali Kota,” katanya.

Sesuai rencana, pemukul gong adalah tokoh masyarakat, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Solo. Para pemukul gong akan menggunakan busana Jawa.

Sebelum gong dipukul, doa bersama seluruh pemuka agama digelar di panggung utama di kawasan Ngarsopuro. Terdapat lima panggung hiburan selama gelaran CFN, yakni di depan Diamond, Solo Grand Mal (SGM), Plaza Sriwedari, persimpangan Ngarsopuro, serta Bundaran Gladak.

Lima panggung ini menampilkan beragam hiburan musik band, jaz, reggae, keroncong dan lainnya. “Lima panggung hiburan ini kami menggandeng CSR [corporate social responsibility] dari Kadin [Kamar Dagang Indonesia], BCA, Bank Jateng, Telkom dan Telkomsel,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno menambahkan selama gelaran CFN persimpangan sepanjang Jl. Slamet Riyadi ruas Simpang Purwosari sampai Bundaran Gladak akan ditutup mulai pukul 21.00 WIB hingga selesai. “Kami juga menyiapkan kantong-kantong parkir,” kata dia.

Kantong parkir disiapkan Dishub di simpang jalan yang ditutup seperti di Gendengan, Jl. Yos Sudarso, Jl. Gatot Subroto, dan Jl. Honggowongso, Jl. Kebangkitan Nasional, Jl. Teuku Umar, Jl. Kartini, dan kawasan Kantor Pos Gladak. Jumlah personel Dishub yang akan diterjunkan mengatur lalu lintas selama CFN ada 100 orang.

Ihwal manajemen rekayasa lalu lintas, Dishub akan memasang barikade di sejumlah ruas jalan. Selain itu memasang rampu peringatan pengalihan arus lalu lintas. “Tarif parkir nanti tetap sama sesuai ketentuan menyesuaikan zonanya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya