SOLOPOS.COM - Pembangunan show room pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Sambi, Boyolali, terlihat sudah mendekati rampung, Senin (13/8/2016). Untuk mengejar target, pembangunan pabrik mobil Esemka dilakukan siang malam dan melibatkan 80 pekerja. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Mobil esemka, kontraktor mengebut penyelesaian pabrik mobil Esemka di Demangan Sambi.

Solopos.com, BOYOLALI–Pelaksanaan proyek pembangunan pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Sambi, Boyolali, mulai dikebut siang malam. Kontraktor bahkan menerjunkan sedikitnya 80 pekerja untuk mengejar ketertinggalan pembangunan pabrik rintisan mobil nasional itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer proyek pabrik Esemka dari PT Ghewantika Kontruksi, Budiyanto, mengatakan saat ini pengerjaan proyek dilakukan siang malam hingga pukul 22.00 WIB. Hal itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan pembangunan lantaran cuaca yang kurang bersahabat. Selain itu, pihaknya juga menambah pekerja dari belasan orang menjaid 80 pekerja untuk merampungkan show room mobil dan assembly hall stage atau gedung perakitan mobil. “Ini sedang kami kebut. Targetnya, dua hingga tiga bulan ke depan semua harus sudah jadi,” paparnya kepada Solopos.com di lokasi proyek, Senin (13/6/2016).

Menurut Suyamto, pembangunan pabrik mobil Esemka di desanya itu disambut antusias warganya. Banyak warga berharap ekonomi warga setempat bakal terangkat karena keberadaan pabrik mobil Nasional itu. “Bahkan, Pak Seno [Bupati Boyolali] sendiri juga menjanjikan kepada warga apa maunya warga akan dituruti jika pabrik sudah beroperasi,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pembangunan show room mobil yang terdiri atas dua lantai sudah mendekati tahapan finishing. Meski demikian, menurut Budiyanto, proses finishing gedung seluas 450 meter persegi itu justru memakan waktu lama. Itulah sebabnya, kata dia, finishing diperkirakan memakan waktu dua bulan. “Karena banyak pengerjaan hal-hal kecil dan cukup rumit,” paparnya.

Bangunan gedung show room sendiri banyak menggunakan rangkaian baja, termasuk lantai II. Di bagian muka gedung menggunakan kaca tembus pandang sebagai etalase. Di bagian atas show room itu juga dihiasi list warna merah.

Sebelumnya, pembangunan pabrik Esemka di Desa Demangan, Sambi, bakal kelar Juni tahun ini. Namun target itu meleset lantaran sejumlah kendala, salah satunya karena musim penghujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya