SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok. Solopos)

Wonogiri (Solopos.com)–Sebanyak 727 rumah tangga miskin korban bencana kekeringan di tiga desa di Wonogiri selatan bakal mendapat bantuan beras dari Balai Pengembangan Cadangan Pangan (BPCP) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jateng. Total bantuan beras yang rencananya didistribusikan pada Selasa (20/9/2011) mendatang mencapai lima ton.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, Safuan, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (16/9/2011). Didampingi Kasi Pelayanan Intensifikasi Pangan KKP, Baroto, Safuan mengatakan ketiga desa yang akan menerima bantuan beras itu adalah Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, serta Desa Gendayakan dan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Tiga desa itu mendapat bantuan karena merupakan daerah dengan tingkat kerawanan pangan tinggi dan tingkat kerawanan itu bisa meningkat dengan sulitnya memperoleh air bersih.

Selain itu, juga karena ketiga desa itu memang mengajukan permohonan bantuan pangan ke Pemkab. Sedangkan di sisi lain, Pemprov Jateng memiliki cadangan pangan untuk menanggulangi bencana.

“Atas dasar itu, pada 7 September lalu kami mengajukan permohonan melalui surat Bupati ke BKP Jateng.  Surat permohonan itu direspons lima hari kemudian oleh BKP dengan mengirim tim survei dan disetujui bantuan beras sebanyak lima ton untuk tiga desa itu,” jelas Safuan.

Ditambahkan Baroto, dalam surat Bupati yang dikirimkan ke BKP, sebenarnya diajukan bantuan sebanyak 20 kg untuk setiap rumah tangga sasaran. Namun karena bantuan yang disetujui hanya lima ton, akhirnya setiap rumah tangga sasaran untuk semantara hanya mendapat alokasi 5 kg. Rumah tangga sasaran itu jumlahnya sebanyak 727 rumah tangga yang diambil dari data penerima beras untuk rakyat miskin (Raskin).

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya