SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Pengelolaan sampah Soloraya, Kabupaten Karanganyar siap mengirim sampah ke Klaten.

Solopos.com, KARANGANYAR–Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyatakan mendukung terhadap rencana pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, dalam waktu dekat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia juga siap mengirim sampah dari Karanganyar ke PLTSa, bila sudah beroperasi. Tapi dia berharap sampah-sampah dari Karanganyar tersebut diambil oleh operator PLTSa, tidak dikirim sendiri oleh Pemkab Karanganyar. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati saat dihubungi Solopos.com, Kamis (31/3/2016) siang.

Ekspedisi Mudik 2024

Yuli, panggilan akrabnya, mengaku belum mendapat gambaran detail ihwal operasional PLTSa. “Kalau memang akan dibangun PLTSa ya kita dukung. Kalau kami diminta siapkan sampah, ya akan kita pertimbangkan dulu. Sistem penyetoran sampahnya seperti apa,  kalau diambil ke Karanganyar sih ya bagus,” ujar dia.

Yuli mengatakan bila Karanganyar harus mengirimkan sampah ke PLTSa di Pedan, dirasa akan memberatkan. Sebab biaya pengiriman sampah dari Karanganyar ke Klaten diklaim tidak sedikit. “Saya pikir masih perlu dimatangkan dulu teknis dan sistemnya seperti apa. Sebelum PLTSa beroperasi, Karanganyar akan menjalankan sistem yang telah dirintis. Sebab setiap hari ada sampah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya