SOLOPOS.COM - PELATIHAN--Puluhan warga mengikuti pelatihan usaha pembuatan crispy di Taman Tirtonadi, Solo, Kamis (22/12/2011). Pelatihan itu bagian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

PELATIHAN--Puluhan warga mengikuti pelatihan usaha pembuatan crispy di Taman Tirtonadi, Solo, Kamis (22/12/2011). Pelatihan itu bagian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO–Sekitar 70% warga kelas pinggiran di kawasan Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan tak lagi terjerat rentenir.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka mengaku bisa bangkit dan membuka usaha kecil-kecilan setelah mendapatkan pembekalan pengetahuan, skill serta permodalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Majelis Asy Syifa Gilingan Solo, Mbah Wono, mengaku siap menunjukkan warga pinggiran binaannya yang tak lagi terjerat rentenir.

Dengan terus mendampingi dan memberikan dukungan, lanjutnya, saat ini ada 80-an warga pinggiran di kawasan Terminal Tirtonadi yang sudah mandiri dengan usaha kecil-kecilan.

”Ada yang usaha rumah tangga, usaha daur ulang, usaha dengan keahliannya hingga usaha pedagang gorengan,” ujar Mbah Wono kepada wartawan di sela-sela membuka pelatihan pembuatan fried chicken bagi 150-an ibu-ibu kurang mampu di Taman Tirtonadi, Solo, Kamis (22/12/2011).

Selain perbaikan kualitas hidup dari sisi ekonomi, sambung Mbah Wono, warganya yang aktif mengikuti pembinaan agama dan kegiatan sosial kemasyarakatan juga telah memiliki kegiatan rutin yang positif.

Sebelumnya, aku Mbah Wono, masih banyak dari mereka yang berprofesi sebagai tuna susila. ”Sekarang aktivitasnya mengikuti pengajian, bersih-bersih kota, hingga disibukkan dengan usaha kesehariannya,” terangnya.

Dalam pelatihan 150-an ibu-ibu kurang mampu tersebut, kata Mbah Wono, mereka juga akan mendapatkan pinjaman modal bergilir tanpa bunga.

(asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya