Tutup Iklan

70.000 Pelajar Kota Solo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 70.000 pelajar usia 12-17 tahun di Kota Solo menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 yang dimulai Rabu (4/8/2021).

 Ilustrasi vaksinasi (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 70.000 pelajar usia 12-17 tahun (SD-SMA) di Kota Solo menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi pelajar secara bertahap dimulai Rabu (4/7/2021) dengan 500 peserta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Disdik) Solo, Dwi Ariyatno mengatakan 70.000 pelajar tersebut adalah yang berusia 12-17 tahun. Mereka terdiri atas pelajar SMP/sederajat negeri/swasta dan SMA/sederajat negeri/swasta.

Baca Juga: Kisah Abon Ksatria Solo Mulai Usaha dari Nol hingga Raup Omzet Rp50 Juta Sebulan

“Target kami di Solo ada sekitar 70.000 siswa usia 12-17 tahun atau yang masih sekolah di SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MA/sederajat baik negeri maupun swasta yang akan mengikuti vaksinasi,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (3/7/2021).

Harapannya, program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah ini akan meningkatkan kesiapan para pelajar untuk mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) suatu saat nanti jika sekolah kembali buka.

Baca Juga: Masih PPKM, Belasan Muda Mudi Terciduk Pesta Miras di Dekat Pasar Depok Solo

Dwi mengatakan vaksinasi pelajar ini akan dilakukan secara bertahap sesuai kesiapan dan ketersediaan vaksin. Untuk vaksinasi pelajar perdana, rencananya dilakukan Rabu hari ini di SMAN 3 Solo (gedung utara) dan diikuti 500 pelajar dari kedua jenjang tersebut.

Bantuan Ponsel

Selain vaksinasi, acara itu juga dibarengkan dengan penyerahan bantuan 500 unit ponsel dari kalangan swasta kepada pelajar dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga: Lukas Jayadi, Terdakwa Penembakan Mobil Bos Duniatex Divonis 10 Tahun Penjara

“Peluncuran vaksinasi Covid-19 ini diikuti 500 pelajar di Solo. Karena pada acara itu kebetulan ada penyerahan bantuan ponsel, peserta vaksinasi kami pilihkan dari pelajar dari keluarga tidak mampu. Jadi mereka selain divaksin, juga diberi ponsel untuk sarana belajar daring [dalam jaringan],” imbuh Dwi.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Solo, Agung Wijayanto, mengatakan telah menyiapkan tempat untuk penyelenggaraan vaksinasi tersebut.

Baca Juga: Siapa Kepala Daerah dengan Performa Digital Terbaik? Simak Malam Ini Pengumuman SDA 2021

“Seting tempat sudah dimulai kemarin [Senin] dan kami sudah melakukan koordinasi awal dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Hari ini [Selasa] tinggal melengkapi kebutuhan,” ujar Agung, Selasa (3/7/2021).

Ia menambahkan dalam vaksinasi Covid-19 perdana untuk pelajar Kota Solo ini, sekolahnya mengusulkan 100 siswa sebagai peserta. “Jumlah siswa yang divaksinasi dan mendapat bantuan ponsel diusulkan 100 siswa,” imbuh Agung.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setelah Pasar Janglot, Giliran 2 Rumah Depan Pasar Galeh Terbakar

Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara pasti tetapi satu dari dua unit bangunan rumah rumah itu di Desa Galeh itu ludes dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

DLH Sukoharjo mengajak pemerintah desa/kelurahan membudidayakan magot untuk mengurangi volume sampah yang diproduksi masyarakat.

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Warga RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengelola kebun sayuran di lahan bekas relokasi bantaran Sungai Bengawan Solo. Keberadaan kebun itu membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program kesehatan pencegahan stunting.

Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Lokasi penyelenggaraan Solo International Performing Art atau SIPA Hybrid Festival 2021 dipindah dari Mangkunegaran ke TSTJ.

Pemadaman Listrik Solo, Karanganyar, Klaten, Selasa (28/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo, Karanganyar dan Klaten hari ini, Selasa (28/9/2021) yang berlangsung selama tiga, empat dan lima jam.

8 Fakta Terbongkarnya Praktik Prostitusi Gay di Indekos Nusukan Solo

Terbongkarnya praktik prostitusi kaum gay di salah satu rumah indekos wilayah Nusukan, Banjarsari, Solo, mengungkap sejumlah fakta.

Pendampingan Kelompok Rentan HIV/AIDS di Sragen Terhambat PPKM

KPA Sragen mengkoordinasi Dinas Kesehatan dan rumah sakit (RS) untuk mengobati pasien positif HIV/AIDS.

Pelaku Prostitusi Gay Terciduk di Indekos Solo, Sekamar Dipakai Berlima

Para terduga pelaku prostitusi gay di indekos wilayah Nusukan, Solo, menempati dua kamar di mana salah satunya dipakai berlima.

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Batal Dihentikan, Ini Alasannya

Mahasiswa berprestasi penerima beasiswa secara terorganisasi terlibat langsung dalam program yang dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemerintah desa.

Gibran Ungkap Alasan di Balik Tes Antigen Guru-Murid SDN Laweyan Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan alasan di balik tes antigen mendadak dan acak di SDN Laweyan No 54 Solo.

PTM di SMKN 3 Klaten Tak Terapkan Sistem Sif Pagi-Siang

Sistem pergantian siswa yang mengikuti PTM dilakukan pergantian setiap hari untuk mempermudah proses sterilisasi ruang kelas.

Ini Sederet Keunggulan Colomadu Calon Solo Baru-nya Karanganyar

Ada banyak pertimbangan melatarbelangi rencana menjadikan Colomadu sebagi pusat bisnis, terutama berkaitan dengan akses, fasilitas penunjang, dan sarana transportasi.

Jelang Pengeringan Colo Barat, Petani Selogiri Tak Khawatir

Sebagian besar tanaman padi berpeluang besar tetap bisa panen walaupun tak mendapat irigasi ketika nanti saluran irigasi kering.

Cerita Unik Pasar Janglot Sragen: Sempat Beberapa Kali Pindah Lokasi

Ada 66 kios dan los Pasar Janglot Sragen yang terbakar pada Sabtu-Minggu lalu, perinciannya tujuh kios dan 59 los.

Prostitusi Gay di Nusukan Solo 5 Tahun Baru Terbongkar, Ini Alasannya

Polda Jateng berhasil membongkar praktik prostitusi gay di kawasan Nusukan, Banjarsari, Solo, yang sudah lima tahun berjalan.