70.000 Pelajar Kota Solo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 70.000 pelajar usia 12-17 tahun di Kota Solo menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 yang dimulai Rabu (4/8/2021).

 Ilustrasi vaksinasi (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 70.000 pelajar usia 12-17 tahun (SD-SMA) di Kota Solo menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi pelajar secara bertahap dimulai Rabu (4/7/2021) dengan 500 peserta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Disdik) Solo, Dwi Ariyatno mengatakan 70.000 pelajar tersebut adalah yang berusia 12-17 tahun. Mereka terdiri atas pelajar SMP/sederajat negeri/swasta dan SMA/sederajat negeri/swasta.

Baca Juga: Kisah Abon Ksatria Solo Mulai Usaha dari Nol hingga Raup Omzet Rp50 Juta Sebulan

“Target kami di Solo ada sekitar 70.000 siswa usia 12-17 tahun atau yang masih sekolah di SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MA/sederajat baik negeri maupun swasta yang akan mengikuti vaksinasi,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (3/7/2021).

Harapannya, program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah ini akan meningkatkan kesiapan para pelajar untuk mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) suatu saat nanti jika sekolah kembali buka.

Baca Juga: Masih PPKM, Belasan Muda Mudi Terciduk Pesta Miras di Dekat Pasar Depok Solo

Dwi mengatakan vaksinasi pelajar ini akan dilakukan secara bertahap sesuai kesiapan dan ketersediaan vaksin. Untuk vaksinasi pelajar perdana, rencananya dilakukan Rabu hari ini di SMAN 3 Solo (gedung utara) dan diikuti 500 pelajar dari kedua jenjang tersebut.

Bantuan Ponsel

Selain vaksinasi, acara itu juga dibarengkan dengan penyerahan bantuan 500 unit ponsel dari kalangan swasta kepada pelajar dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga: Lukas Jayadi, Terdakwa Penembakan Mobil Bos Duniatex Divonis 10 Tahun Penjara

“Peluncuran vaksinasi Covid-19 ini diikuti 500 pelajar di Solo. Karena pada acara itu kebetulan ada penyerahan bantuan ponsel, peserta vaksinasi kami pilihkan dari pelajar dari keluarga tidak mampu. Jadi mereka selain divaksin, juga diberi ponsel untuk sarana belajar daring [dalam jaringan],” imbuh Dwi.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Solo, Agung Wijayanto, mengatakan telah menyiapkan tempat untuk penyelenggaraan vaksinasi tersebut.

Baca Juga: Siapa Kepala Daerah dengan Performa Digital Terbaik? Simak Malam Ini Pengumuman SDA 2021

“Seting tempat sudah dimulai kemarin [Senin] dan kami sudah melakukan koordinasi awal dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Hari ini [Selasa] tinggal melengkapi kebutuhan,” ujar Agung, Selasa (3/7/2021).

Ia menambahkan dalam vaksinasi Covid-19 perdana untuk pelajar Kota Solo ini, sekolahnya mengusulkan 100 siswa sebagai peserta. “Jumlah siswa yang divaksinasi dan mendapat bantuan ponsel diusulkan 100 siswa,” imbuh Agung.


Berita Terkait

Berita Terkini

Posisi 15 Kades Kosong, Pemkab Klaten Tak Berencana Gelar PAW

Pemkab Klaten tidak memilih opsi PAW karena saat ini sedang pandemi Covid-19, butuh anggaran banyak, dan kurang memerhatikan asas demokrasi.

Kisah Kades Gatak Klaten, Beri Pelayanan Terbaik Meski Kondisi Drop

Di tengah kondisi batin yang dilanda kesedihan, Walino harus tetap memberikan pelayanan optimal kepada warga.

Makam Misterius di Solo Baru Ternyata Ada Hubungan dengan Keraton Solo

Makam misterius di tengah trotoar jalan utama Solo Baru, Sukoharjo, ternyata memiliki hubungan sejarah dengan Keraton Solo, begini ceritanya.

RS PKU Muhammadiyah Sragen Bangun Gedung Bertingkat Agar Naik Tipe

Direksi RS PKU Muhammadiyah Sragen berkomitmen menaikkan kelas RS dari tipe D menjadi tipe C. Salah satunya dengan membangun gedung bertingkat untuk meningkatkan pelayanan.

Tumbuh Bunga Bangkai, Rumah Ketua RT di Ceper Klaten Didatangi Warga

Warga setempat sering mengerubungi rumah milik Sakirman, 60, lantaran penasaran dengan bunga bangkai yang sering memunculkan bau tak sedap.

Kasus Turun, RS di Sragen Tetap Wajib Sediakan 10% Bed untuk Covid-19

Semua RS di Sragen masih harus menyediakan bed untuk pasien Covid-19 untuk mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 gelombang ketiga di akhir tahun.

10 Jabatan Tinggi Pemkot Solo Dilelang, Pejabat Luar Daerah Boleh Ikut

Sepuluh jabatan eselon II Pemkot Solo dilelang dan bisa diikuti pejabat eselon III seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo

Makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru dekat bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Sukoharjo, terlihat masih terawat.

Pemkab Sragen Anggarkan Operasional Pintu Palang KA Bedowo di 2022

Dishub Sragen memastikan akan memasang pintu palang semi-elektronik di perlintasan KA Bedowo pada 2022.

KSPI Karanganyar Tolak Bahas UMK 2022, Ini Alasannya

KSPI Karanganyar menilai PP No. 36/2021 tidak berpihak kepada pekerja.

SGS 2021 Tinggal 4 Hari Lagi, Buruan Tukar Poin Sebelum Ditutup!

Para pembeli pada ajang Solo Great Sale atau SGS diimbau segera menukar struk mereka dengan poin agar bisa mengikuti undian berhadiah rumah, mobil, dan lainnya.

Menko PMK Sebut Karanganyar Cocok untuk Pengembangan Pendidikan

Menko PMK, Muhadjir Effendy, menilai Karanganyar menjadi lokasi ideal di wilayah aglomerasi Soloraya untuk pengembangan pendidikan.

CFD Belum Dibuka, Alun-Alun Sukoharjo Ramai Pedagang pada Akhir Pekan

Kawasan Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo ramai pedagang saat akhir pekan padahal Pemkab belum mengizinkan CFD tiap Minggu pagi berlangsung.

BRI Panen Hadiah, 64.152 Nasabah Simpedes Berpeluang Raih Rp639 Juta

Sebagai wujud apresiasi, BRI Sragen menyediakan hadiah dengan nilai lebih dari setengah miliar rupiah bagi para nasabah Simpedes di Bumi Sukowati.

Jalur Pungkruk-Mungkung Sragen Ditinggikan 1 Meter

Pemkab Sragen menggandeng Polres Sragen melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan persimpangan Pungkruk karena jalan itu akan ditinggikan.

Peresmian Kantor Baru PAC PDIP Banjarsari Solo akan Dihadiri Megawati

Peresmian kantor baru PAC PDIP Banjarsari, Solo, pada Kamis (28/10/2021), rencananya dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.